Home | Jurnal Medan | Terkait Jatah Inalum, Gatot Tunggu Keputusan Pusat

Terkait Jatah Inalum, Gatot Tunggu Keputusan Pusat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Propinsi Sumatera Utara mengaku hingga kini pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah pusat terkait pembagian saham pengelolaan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) yang rencananya akan diambil alih pemerintah dari Konsorsium Perusahaan Alumunium Oktober 2013 mendatang.

Plt. Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjonugroho kepada Smart FM, Kamis (21/11/2012) mengatakan, Konsosium Perusahaan Alumunium Jepang dan Pemerintah Pusat telah menikmati hasil PT Inalum selama 30 tahun, tanpa memberikan pembagian yang adil bagi Sumatera Utara. Sehingga sudah sepatutnya pasca pengambilalihan secara penuh oleh pemerintah, 57,8 persen saham PT Inalum yang selama ini diperuntukkan bagi Konsorsium Perusahaan Alumunium Jepang, diberikan pada pemerintah daerah di Sumut, termasuk pemerintah kabupaten/kota disekitar wilayah operasional PT Inalum.

Pemerintah dinilai Gatot sudah sangat cukup memiliki 41,13 persen dari saham PT Inalum, karena berdasarkan ketentuan undang-undang perimbangan keuangan pusat dan daerah, sudah sepantasnya daerah mendapatkan bagi hasil yang besar dari sektor pertambangan dan mineral, setelah hampir seluruh pendapatan sektor perkebunan dikuasai pemerintah pusat.

Terkait kontribusi daerah terhadap dana pengambilalihan PT Inalum, menurut Gatot pemerintah sejatinya memiliki instrumen kebijakan yang dapat memuluskan pengambilalihan tersebut. Diantaranya menggunakan pinjaman perbankan maupun dana dari pusat investasi pemerintah, yang nantinya akan dibayarkan lewat aktiva tertahan dari hasil pengolahan Alumunium di Inalum. Gatot pun berharap pengambil alihan saham tersebut dapat berjalan cepat, karena bisnis pengelolaan aluminium sangat sedang sangat baik. Hal itu ditunjukkan dengan konsumsi perkapita aluminium yang terus meningkat dari waktu ke waktu. – Ahyuni (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in