Home | Jurnal Medan | JK : Ambil Alih Inalum Untuk Pemerintah Daerah

JK : Ambil Alih Inalum Untuk Pemerintah Daerah

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Mantan Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla (JK) menilai pemerintah sudah seharusnya mengambil alih secara penuh kepemilikan atas PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum). Pasalnya perusahaan kongsi antara Pemerintah Indonesia dan Konsorsium Pengusaha Jepang itu dinilai gagal memberikan pemasukan yang signifikan bagi Indonesia.

Kalla mengaku, pemerintah harus mulai memikirkan tentang ketahanan stok mineral nasional, dengan tidak mengumbar bahan baku pada Negara lain, tanpa mendapatkan keuntungan yang signifikan. Pelarangan ekspor mineral diakui tidak akan efisien, jika kegiatan hulu pertambangan masih diserahkan pada pihak asing.

Sudahlah, harus diambil pemerintah itu, masa hampir 30 tahun beroperasi enggak ada keutungan berarti buat kita. Sekarang pemerintah menyuarakan hilirisasi produk tambang, tapi yang eksisting kok malah dilepas. Ini kan aneh. Makanya harus diambil alih lah itu.”Ucapnya pada Smart FM saat berkunjung ke Medan beberapa hari lalu.

JK juga menyebutkan, pengambilalihan Inalum juga harus diikuti dengan pelibatan penuh pemerintah daerah dalam pengelolaanya. Pemerintah dinilai tidak lagi perlu mencampuri secara langsung kegiatan bisnis di Inalum, karena dengan pengalaman 30 tahun berdirinya inalum, pemerintah telah gagal memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Sekarang kan jaman otonomi daerah. Serahkan saja pada pemerintah daerahnya. Biar mereka menikmati itu. Apalagi Sumut ini kan perekonomiannya bagus, sementara sumber pendapatan daerahnya minim. Pemerintah cukup buat regulasi saja, pelaksananya tetap pemerintah daerah.”Pungkasnya. - Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in