Home | Jurnal Medan | BBPOM Sumut Musnahkan Ratusan Produk Ilegal Senilai Rp.1,2 Miliar

BBPOM Sumut Musnahkan Ratusan Produk Ilegal Senilai Rp.1,2 Miliar

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumatera Utara, kembali memusnahkan ratusan produk illegal senilai Rp.1,2 miliar. Produk tersebut merupakan temuan BBPOM sejak Januari hingga September 2012 lalu, yang disita karena beredar tanpa ijin maupun telah kadaluarsa.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM Lucky Slamet kepada Smart FM Jumat (9/11/2012), saat memimpin langsung acara pemusnahan produk ilegal itu menyebutkan, BPOM di pusat dan BBPOM di daerah telah berkomitmen untuk terus melakukan operasi pengawasan, guna menekan angka peredaran produk ilegal, yang dapat merugikan masyarakat.

Ia berkeyakinan, jumlah produk ilegal yang beredar di pasaran saat ini, masih jauh lebih banyak dibandingkan jumlah produk yang telah disita pihaknya, maupun institusi lain yang berwenang seperti dinas dan kementerian perdagangan,serta kepolisian. Untuk itu dibutuhkan peran serta masyarakat untuk aktif melaporkan setiap temuan produk yang menyalahi ketentuan dan standar yang berlaku, untuk ditindaklanjuti BPOM dan BBPOM.

“Hari ini yang kita musnahkan mencapai Rp.1,2 miliar. Tapi di luar sana pastinya lebih banyak. Makanya dalam rangka melayani masyarakat, kita akan terus kejar produk-produk ilegal ini. Kordinasi antar lembaga yang memiliki tanggungjawab dan kewenangan dalam hal juga sudah kita bangun.”Ucapnya

Adapun produk yang dimusnahkan BBPOM dalam pemusnahan kemarin yaitu 21 jenis obat tradisional dengan jumlah sebanyak 73 ribu kemasan, 24 jenis kosmetik dengan jumlah 621 kemasan serta 232 jenis produk pangan dengan jumlah mencapai 2630 kemasan.- Muhammad Rizki (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in