Home | Jurnal Medan | Cermati Peran Perempuan Di Balik Kemenangan Jokowi – Ahok

Cermati Peran Perempuan Di Balik Kemenangan Jokowi – Ahok

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Elit Politik dan Pemerintah diminta untuk mencermati dukungan perempuan dibalik kemenangan pasangan Joko Widodo – Basuki Tjahya Purnama dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta. Pasalnya fenomena dukungan pemilih perempuan secara radikal yang ditampakkan selama kampanye dapat menular ke daerah-daerah lain, dan mampu mendorong gerakan politik yang lebih besar.

Hal tersebut disampaikan Sosiolog Universitas Indonesia Thamrin Amal Tomagola di sela-sela Diskusi Publik Solusi Krisis Kepemimpinan Nasional di Hotel Arya Duta Medan, Rabu (24/10/2012).

Menurun Thamrin, gerakan politik perempuan mampu menggerakkan sendi-sendi politik di masyarakat untuk melakukan perlawanan terhadap pemerintah. Khususnya ditengah carut marut pengelolaan negara yang terjadi saat ini.

Thamrin menyebutkan, peristiwa perlawanan rakyat yang terjadi pada tahun 1998 lalu, merupakan gerakan besar yang didorong oleh kaum perempuan yang pada akhirnya berdampak luas dan berhasil menjatuhkan rezim masa itu.

Namun ia mengaku kondisi yang terjadi pada 1998 sejatinya tak perlu terjadi. Oleh karena itu pemerintah, elit politik dan elit parpol sudah seharusnya merevolusi pemikirannya untuk mengikuti kehendak rakyat, dan menjalankan pemerintahan sesuai norma-norma hukum dan politik yang beradab, dengan tujuan kemakmuran rakyat.

Bentuk radikalisme dukungan perempuan pada pasangan Jokowi – Ahok diakui Thamrin seperti halnya upaya banyak kalangan perempuan yang hendak membeli baju kotak-kotak khas jokowi sebagai bentuk dukungannya. Jokowi sendiri memang menggunakan baju kotak-kotak sebagai sarana mengumpulkan dana kampanye dari pendukungnya,  sembari menidentikkan pendukungnya. – Aulia Siregar

 

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in