Home | Jurnal Medan | Rekrutmen Pimpinan Masyarakat Jadi Solusi Krisis Kepemimpinan Nasional

Rekrutmen Pimpinan Masyarakat Jadi Solusi Krisis Kepemimpinan Nasional

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pengamat Politik Arbi Sanit menilai mobilisasi pemimpin lokal ke tingkat nasional, menjadi solusi bagi krisis rotasi dan regenerasi kepemimpinan politik dan pemerintahan nasional. Hal tersebut disampaikan dalam diskusi publik "Solusi Krisis Kepemimpinan Nasional" yang digelar Rabu (24/10/2012).di Hotel Arya Duta Medan.

Dosen Senior Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ini menyebutkan, eksperimen inovasi politik dengan memobilisasi pemimpin lokal ini muncul sebagai kelanjutan atas keberhasilan sejumlah pemimpin lokal, membangun daerahnya masing-masing hingga melebihi keberhasilan rata-rata nasional, baik secara sosial, ekonomi dan politik.

Arbi Sanit menambahkan, mobilisasi pemimpin lokal ke tingkat nasional ini juga akan meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia. Karena akan mampu menggerakkan peningkatan peran tokoh masyarakat menjadi pemimpin politik dan pemerintah. Namun Arbi mengaku perlu proses pemasaran politik yang terstruktur dan berkelanjutan untuk menyukseskan mobilisasi tersebut.

Adapun pendekatan kepemimpinan politik dan pemerintahan dalam fase pertama inovasi politik ini, maka konten pemasaran politik yang harus dilakukan meliputi pemasaran  profil, rekam jejak, integritas, visi dan popularitas serta gaya kepemimpinan. – Aulia Siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in