Home | Jurnal Medan | KPUD Sumut Minta Partai Politik Segera Daftarkan Calon Gubsu

KPUD Sumut Minta Partai Politik Segera Daftarkan Calon Gubsu

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan tahapan pilkada sesuai jadwal yang telah ditentukan. Setelah pada pekan lalu KPUD menutup pendaftaran untuk calon independen, kini KPUD tengah bersiap untuk membuka pendaftaran calon Gubernur Sumatera Utara masa bakti 2013 – 2018.

Ketua KPUD Sumut Irham Buana Nasution kepada Smart FM di Medan (23/10/2012) mengatakan, sejauh ini belum ditemukan kendala berarti dalam proses pelaksanaan pemilihan. Meski sempat terkendala anggaran, namun dengan kesiapan mental setiap komisioner, semua dapat dikembalikan ke kondisi yang ideal. KPUD pun akan mulai menjaring calon yang berasal dari Partai Politik pada 3 pekan ke depan.

 

“Kita akan segera melanjutkan proses persiapan pemilihan, yakni dengan menjaring calon dari Partai Politik. Pendaftaran akan dibuka tiga pekan lagi, tepatnya 10 November 2012 mendatang.”Ungkapnya

 

Irham menyebutkan, untuk menghindari terjadinya polemik pendaftaran calon, seperti yang pernah terjadi pada pendaftaran pilgubsu sebelumnya, partai politik dihimbau segera melakukan pendaftaran, dan tidak mengulur waktu. Karena sejatinya, partai politik juga memiliki tanggungjawab yang sama besarnya dalam penyuksesan pemilukada.

 

“Kalau belajar dari pengalaman sebelumnya, sempat terjadi kekisruhan pada saat pendaftaran. Ada yang karena dualisme pencalonan maupun dualisme kepengurusan partai. Kalau didaftarkannya last minute, tentunya bisa mengganggu proses pemilukada. Kalau kita hantam kromo nanti dibilang arogan. Makanya sekarang kita minta agar mereka mempercepat proses pendaftaran, sehingga jika pun ditemukan masalah, masih ada waktu untuk menyelesaikannya, hingga tak sampai mengganggu proses lainnya pelaksanaan di pemilukada.”Pungkasnya.

 

Untuk diketahui, proses pendaftaran calon gubsu pada pemilukada gubernur 2013 mendatang, akan dimulai pada 10 November dan ditutup pada 16 November mendatang. Salah satu persyaratan utama bagi partai untuk mengajukan calon, yakni mendapat dukungan 15 persen dari jumlah anggota DPRD Sumut, atau sekitar 785.187 suara pada pemilu legislatif 2009 lalu. Pemilukada gubernur Sumut 2013 ini pun dipastikan hanya diisi oleh calon-calon dari partai politik, karena 2 orang bakal calon independen yang mendaftar ke KPUD Sumut dinyatakan gugur karena gagal memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. – Muhammad Rizki (AS)

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in