Home | Jurnal Medan | Pemko Medan Sesalkan Sikap Perbankan Yang Tolak E-KTP

Pemko Medan Sesalkan Sikap Perbankan Yang Tolak E-KTP

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Kota Medan menyesalkan sikap perbankan di Medan yang menolak penggunaan E-KTP untuk administrasi perbankan. Hal tersebut disampaikan Pemko Medan setelah 10 orang warganya dipersulit perbankan karena mengurus administrasi menggunakan E-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Medan, Muslim Harahap mengatakan Walikota Medan telah menyurati Kementerian Dalam Negeri untuk mempertegas kondisi tersebut. Kementerian Dalam Negeri pun diakui telah menyampaikan surat edaran kepada Bank Indonesia pada selasa (16/10/2012) lalu, terkait penggunaan E-KTP untuk administrasi perbankan. 

“Mendengar warga kita di tolak proses administrasinya di perbankan karena menggunakan E-KTP, Pak Wali langsung menyurati Mendagri, karena khawatir warga menjadi cemas dan menganggu aktifias ekonomi masyarakat. Berdasarkan keterangan yang kita terima, BI sudah diminta untuk menyampaikan kepada perbankan agar menerima E-KTP.”Jelasnya pada Smart FM, Kamis (18/10/2012). 

Muslim menyebutkan perbankan sejatinya tak memiliki alasan untuk menolak E-KTP, karena disamping E-KTP merupakan program nasional, sebagian pegawai bank juga sudah menggunakan E-KTP. Begitupun Muslim meminta masyarakat untuk bersabar dan tetap mematuhi ketentuan yang diberlakukan perbankan, karena dalam waktu dekat ini, ia optimis kondisi tersebut tak lagi terjadi, seiring disampaikannya sosialisasi oleh Bank Indonesia.

“Lalu kalau pegawai bank yang sudah menggunakan E-KTP juga dipersulit bank ? Ini kan Program Nasional, sistem elektronik pula, yang sudah jauh lebih baik dibandingkan KTP yang lama. Enggak ada alasan sebenarnya untuk menolak, tapi ya kita ikuti saja lah dulu. Masyarakat sabar saja, kita tunggu  komitmen BI.”Tukasnya. – Muhammad Rizki (AS)

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in