Home | Jurnal Medan | Ekonomi Tumbuh Signifikan, Walikota Janjikan Pembaruan Medan

Ekonomi Tumbuh Signifikan, Walikota Janjikan Pembaruan Medan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah kota medan berencana melakukan pembaruan kota, khususnya dari sisi infrastruktur. Hal itu untuk menindaklanjuti pertumbuhan ekonomi kota yang tumbuh sangat signifikan.

Walikota Medan Rahudman Harahap kepada Smart FM, Senin (15/10/2012) mengatakan, hingga kuartal II-2012 lalu, total produk domestik regional bruto (PDRB) Medan telah mencapai Rp.93,1. Dimana capaian ini meningkat sekitar 8 persen dibandingkan capaian pada tahun lalu. Sebagai pintu gerbang perekonomian di wilayah barat, tentunya potensi pertumbuhan ekonomi tersebut masih harus terus dikembangkan lagi. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan sarana dan prasana yang mumpuni, termasuk infrastruktur yang selama ini masih menjadi masalah yang cukup krusial.

 

“Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, sekaligus menjadi pintu gerbang perekonomian di wilayah barat, tentunya capaian pertumbuhan ekonomi 8 persen belum cukup besar. Khususnya dari sisi kualitas pertumbuhan ekonominya. Karena masih banyak masyarakat yang belum merasakan pertumbuhan ekonomi itu. Meski pertumbuhan itu terbilang sudah paling besar di Asia Tenggara, tapi harus kita tingkatkan lagi. Kita harus semakin banyak menarik investasi ke Medan. Tapi tentunya harus ada insentif berupa penyediaan infrastruktur yang memadai. Sehingga investor mau masuk.”Ujarnya.

 

Disamping infrastruktur, Rahudman juga menegaskan jika pemerintah akan juga melakukan upaya mendukung perkembangan teknologi industri. Pasalnya selama ini sebagai daerah transit produk komoditas, Medan memiliki potensi besar di sektor industri pengolahan. Sehingga sudah seharusnya pelaku industri di Medan, terfasilitasi dengan keberadaan teknologi industri terbaru.

 

“Teknologi juga akan menjadi fokus kita. Kita kan bukan lagi kota pertanian maupun perkebunan. Tapi merupakan kota industri, makanya kalau kita mau ekonomi pesat, ya kekhususan itu yang harus kita giatkan. Sementara sebelum kita memiliki lembaga khusus yang secara spesifik menangani persoalan perkembangan teknologi industri, kita akan datangkan dulu. Kita juga akan bekerjasama dengan universitas di tingkat lokal untuk mendorong proses pembaruan industri ini. Semua akan dimodernisasi sesuai dengan kebutuhan industri yang ada.”Pungkasnya. – Fika Rahma (AS)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in