Home | Jurnal Medan | PT KAI Ijinkan Masyarakat Sewa Lahan Pinggir Rel

PT KAI Ijinkan Masyarakat Sewa Lahan Pinggir Rel

By
Font size: Decrease font Enlarge font

PT Kereta Api Indonesia (persero) memastikan seluruh lahan yang berada di sepanjang jalur kereta umum dari Wilayah Medan hingga Ke Rantau Prapat Sumatera Utara merupakan miliknya. Namun masyarakat yang sudah menempati wilayah rel kereta, khususnya yang tak lagi aktif, diijinkan tetap tinggal dengan mengurus persewaannya pada PT KAI.

“Mulai dari as tengah rel hingga 6 meter kanan kiri rel di seluruh jalur publik, itu milik PT KAI. Begitupun kita ijinkan mereka bertempat tinggal dipinggir rel. Apalagi di jalur yang tidak aktif. Kan ada beberapa di Sumatera Utara ini. Tapi ya sebagai pemilik kita meminta mereka untuk menyewanya. Itu kan bisa jadi pemasukan bagi kita. Tapi ya risiko jika terdampak kecelakaan kereta ya jadi tanggungjawab masing-masing.”Ujar Humas PT KAI Divisi Regional I Sumut NAD Hasri kepada Smart FM, Kamis (4/10/2012).

 

Hasri menegaskan, agar pengurusan ijin itu dilakukan segera. Sehingga jika nantinya ditemukan masyarakat yang tinggal di pinggir rel namun tak memiliki ijin persewaan, PT KAI bersama kepolisian akan melakukan pembongkaran. Namun Hasri belum mau menyebutkan kapan batas akhir ijin persewaan harus dimiliki para penghuni.

 

“Kita masih sosialisasikan dulu. Nanti setelah sosialisasi, baru akan kita tertibkan. Kita bongkar kalau memang tidak memiliki ijin. Tapi tentunya tak semua bisa disewa. Ada  jalur-jalur yang memang kita larang.”Ucapnya.- Muhammad Rizki

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in