Home | Jurnal Medan | Kinerja SKPD Lambat, Perda HIV/AIDS Medan Mandeg

Kinerja SKPD Lambat, Perda HIV/AIDS Medan Mandeg

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Komisi Penanggulangan AIDS Medan menuding Pemko Medan belum serius melaksanakan Peraturan Daerah No 1 tahun 2012 tentang pencegahan dan penganggulangan HIV/AIDS. Pasalnya hingga saat ini amanat dalam perda tersebut belum bisa dilaksanakan, karena belum adanya peraturan walikota, sebagai garis besar pelaksanaan program pencegahan penyebaran HIV/AIDS di Medan.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Medan Ahmad Raja Nasution mengatakan, terlambatnya penerbitan perwal yang menghalangi upaya penanggulangan penyebaran virus HIV itu, akibat buruknya kinerja sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dalam menyusun rencana program kegiatan yang merupakan satu kesatuan dalam program pemerintah kota. Diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan serta beberapa SKPD lainnya. Padahal lambatnya penyusunan program kegiatan itu, membuat perda HIV/AIDS hanya menjadi buku yang berisikan pasal-pasal semata.

 

“Ini kan seperti main-main, harusnya didoronglah SKPD untuk mempercepat penyusunan rencana program kegiatan. Kalau begini ceritanya kan sama saja perda itu enggak ada gunanya. Padahal perdanya sudah disetujui sejak awal Januari lalu.”Ucapnya pada Smart FM, Selasa (2/10/2012).

 

Raja menegaskan, pemerintah kota memiliki batas waktu 2 tahun untuk dapat membentuk perwal pelaksanaan perda HIV/AIDS itu. Meski belum ada sanksi yang jelas jika penyelesaian perwal itu melebihi batas waktu yang ditentukan, namun pemerintah kota akan mendapatkan rapor merah dari DPRD dan masyarakat.

 

“Disini konsistensi pemerintah kota diuji. Jangan hanya menghamburkan anggaran untuk pembahasan Perda, tapi nyatanya tidak ditindaklanjuti. Perwal ini penting untuk menekan laju penyebaran virus, dan menyelematkan generasi muda kita dari HIV/AIDS. Jadi pemerintah harus serius.”Tutupnya - Muhammad Rizki

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in