Home | Jurnal Medan | Harga Cabai Dorong Deflasi Sumut

Harga Cabai Dorong Deflasi Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Harga cabai di Medan mengalami penurunuan yang cukup signifikan dalam kurun waktu sebulan terakhir. Penurunan ini disinyalir terjadi karena penurunan daya beli masyarakat setelah cukup banyaknya pengeluaran pada momentum ramadhan dan lebaran lalu.

Nur, Penjual sayur mayur di kawasan Pusat Pasar Medan kepada Smart FM, Selasa (2/10/2012) mengatakan, harga cabai merah, cabai rawit dan cabai hijau, sejak sebulan terakhir mengalami penurunan yang cukup besar. Untuk cabai merah misalnya, di tingkat pengecer harganya hanya Rp. 15 ribu/kg. Padahal masih mencapai Rp. 25 ribu/kg. Sedangkan cabai rawit, dihargai Rp. 20 ribu/kg.

 

“Kalau harga cabai memang sudah sebulan terakhir turun. Sama dengan harga bawang merah dan bawang putih yang juga turun. Tapi kalau yang lain masih terbilang cukup tinggi, seperti tomat yang harganya masih Rp. 10 ribu/kg. Pembelian memang sedikit menurun di akhir bulan lalu, tapi mungkin karena memang daya beli masyarakat menurun. Kan saat puasa dan lebaran kemarin banyak uang yang dikeluarkan. Tapi sejak kemarin sudah normal lagi kok.”Ujarnya.

 

Sementara itu sebelumnya Kepala BPS Sumatera Utara Suharno menyatakan jika penurunan harga cabai selama September 2012, telah membuat Sumatera Utara mengalami deflasi. Meski bukan menjadi satu-satunya komoditas yang mengalami penurunan, namun cabai merah menjadi komoditas yang memberikan peran terbesar bagi deflasi tersebut.

 

“Deflasi di Bulan September 2012, disebabkan oleh penurunan sejumlah komoditas seperti cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, daging ayam ras, bawang merah dan tarif angkutan antar kota. Tetapi penurunan cabai merah sebesar 22,53 persen lah yang memberikan kontribusi terbesar. Apalagi kenaikan terjadi di seluruh kota dengan Indeks harga konsumen di Sumut. Kondisi serupa juga terjadi secara nasional.”Terangnya.- Fika Rahma

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in