Home | Jurnal Medan | Pemprop: Beri Pasokan Enrgi Yang Cukup Untuk Sumut

Pemprop: Beri Pasokan Enrgi Yang Cukup Untuk Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, mendesak pemerintah pusat untuk segera memberikan pasokan energi yang cukup pada Sumatera Utara. Pasalnya saat ini pertumbuhan industri di Sumut telah menglami kemandegan akibat minimnya pasokan energi.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdaprovsu Sabrina mengatakan, pasca kebijakan pemindahan Floating Storage Regasification Unit (FSRU) dari Belawan Sumatera Utara ke Lampung, Sumatera Utara harus dihadapkan pada pesimisme pembangunan ekonomi. Karena hampir seluruh rencana pemprov untuk meningkatkan investasi, menjadi terhambat.

 

“Kita sangat menyesalkan rencana pemerintah memindahkan proyek FSRU ke Lampung. Padahal saat ini kita lah yang paling membutuhkan penyelamatan di bidang energi. Makanya kita tagih komitmen pemerintah pusat. Sumut dipilih sebagai salah satu koridor percepatan pembangunan ekonomi di Sumut, tapi pemerintah terkesan setengah hati dengan tak kunjung menyelesaikan krisis energi disini.”Ucapnya pada Okezone, Senin (1/10/2012) di Medan.

 

Sabrina menyebutkan, pemprov sumut bersama unsur berkepentingan lainnya di Sumut telah berupaya menyelesaikan krisis energi dengan mencari alternatif energi baru terbarukan. Namun diakui upaya tersebut membutuhkan modal yang cukup besar, dan memerlukan peran pemerintah pusat.

 

“Pemerintah pusat mengatakan jika sumut ini luar biasa. Tentunya kalimat itu beralasan. Investasi yang ingin masuk ke Sumut ini mengalir deras, tapi selalu tertunda karena ketiadaan energi. Seperti saat ini kita berencana memiliki Kawasan Industri Medan yang keempat, harusnya pemerintah melihat ini sebagai potensi yang harus didukung. Salah satunya dengan pasokan energi.”Tandasnya.  

 

Krisis energi di Sumut, khususnya untuk gas yang menjadi kebutuhan utama industri diakui Sabrina dapat terselesaikan jika pemerintah pusat segera mengefektifkan pasokan gas dari LNG Arun di Aceh ke Sumut. Apalagi infrastruktur pengalokasian gas tersebut telah disiapkan.

 

“Ini tinggal menunggu keputusan pemerintah pusat saja. Sebenarnya enggak sulit. Hanya saja menunggu komitmen pemerintah pusat saja. Kalau untuk infrastruktur saya pikir Pertamina dan PGN sudah komit. Buktinya kedua BUMN itu seudah melakukan persiapan diantaranya penambahan pipa transmisi baik dari Arun menuju penampungan di Sumut, maupun dari penampungan ke pengguna Industri. Makanya sama-sama kita doronglah.”Pungkasnya

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in