Home | Jurnal Medan | Sikap : Hentikan Aksi Kekerasan Aparat Pada Masyarakat

Sikap : Hentikan Aksi Kekerasan Aparat Pada Masyarakat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Aliansi Masyarakat Sipil Anti Penyiksaan (SIKAP) meminta pemerintah menghentikan aksi penyiksaan terhadap masyarakat yang sedang berhadapan dengan hukum, maupun yang sedang mencari keadilan atas ketertindasan yang dilakukan sejumlah pihak.

Dalam aksi unjuk rasa yang digelar Senin (25/6/2012) siang, Kordinator SIKAP Suwardi meminta pemerintah dan seluruh jajarannya termasuk kepolisian, berkomitmen melakukan upaya penegakkan hukum yang berperspektif Hak Asasi Manusia (HAM) dengan menghentikan segala bentuk penyiksaan. Sejauh ini menurutnya terlalu banyak kasus kekerasan yang dilakukan kepolisian pada masyarakat yang sudah mencuat ke publik namun belum juga terselesaikan.

 

“Kalau kasus sudah tak bisa kita hitung pakai jari lagi, sudah kebanyakan. Misalnya kasus kekerasan pada Undang Sirait dan isterinya, yang mendapatkan tindakan kekerasan dari aparat polsek Lumban Julu Tobasa. Kasus itu sudah dilaporkan ke divisi profesi dan pengamanan (propam) Poldasu. Bahkan sudah menjadi isu nasional yang pernah ditanggapi Kapolri. Tapi sekarang kasusnya dingin.”Ungkapnya

 

Suwardi juga mengatakan, aksi pembiaran hukum yang selama ini dilakukan harus segera dihentikan. Karena jika terus berlanjut, dikhawatirkan masyarakat mengarah pada Anarki, akibat ketidakpercayaan pada hukum.

 

“Kapolda, Gubernur dan seluruh elemen di daerah hingga pemerintah pusat harus menunjukkan komitmennya untuk menindak oknum yang melakukan kekerasan. Pemerintah melalui lembaga negara, harus merehabilitasi setiap korban kekerasan aparat pemerintah.”

 

Sebagai langkah antisipatif, Suwardi meminta pemerintah menyediakan posko pelaporan tindakan kekerasan aparat negara. Sekaligus melakukan kampanye dan pendidikan anti kekerasan pada setiap aparat negara.”Pemerintah jangan buat iklan soal prestasi pemerintah saja. Aparat pemerintah itu perlu dididik agar tak lagi berlaku anarkis.”Himbaunya. - (Muhammad Rizki)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in