Home | Jurnal Medan | Klaim Tortor Dan Gondrang 9 Harus Ditanggapi Positif

Klaim Tortor Dan Gondrang 9 Harus Ditanggapi Positif

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah dan masyarakat Batak di Indonesia diminta tanggapi positif, rencana Pemerintah Malaysia mendaftarkan Tortor dan Paluan Gondrang 9 ke UNESCO.

Hal itu disebabkan karena masyarakat Mandailing di Malaysia dan Pemerintah Malaysia dinilai lebih proaktif melindungi dan melestarikan kebudayaan yang sejatinya merupakan kebudayaan Indonesia.

Kepala Pusat Studi Sejarah dan Ilmu Sosial (PUSIS) Universitas Negeri Medan – Ichwan Azhari mengatakan, masyarakat Batak harusnya berterima kasih pada Pemerintah Malaysia, yang mengakomodasi aspirasi warga Mandailing di Malaysia untuk membuat seni kebudayaan ini lebih dikenal oleh dunia. Karena di Indonesia sebagai negara asal sendiri, kesenian ini terbilang diabaikan. Terbukti dengan belum proaktifnya pemerintah mendaftarkan warisan kebudayaan nasional Indonesia ke UNESCO. “Kenapa kita harus marah-marah. Kita sendiri kurang menghargai. Kalau kita keberatan kebudayaan kita diakui orang lain, harusnya yang kita mendorong pemerintah kita untuk proaktif untuk mendaftarkannya. Bukan malah marah dengan bangsa lain.” Terangnya.

Ichwan juga mengatakan, meski Pemerintah Malaysia berencana mendaftarkan kesenian itu, UNESCO tentunya tak akan serta merta memberikan pengakuannya. Karena dalam sarat pengakuan warisan kebudayaan nasional, UNESCO memberlakukan sejumlah prasyarat tentunya tak mudah dipenuhi Malaysia.

Menurut Ichawan disinilah keseriusan pemerintah diuji dalam melestarikan kebudayaan. “Kan bukan begitu daftar langsung diakui. Ada beberapa syarat itu setahu saya. Diantaranya dapat membuktikan kalau kebudayaan yang didaftarkan memang merupakan kebudayaan masyarakat. Lainnya harus ada komitmen dari pemerintah untuk melakukan pembinaan terhadap kelestarian dari kebudayaan itu sendiri. Jadi sebenarnya kalau pemerintah Indonesia sebagai pemilik kebudayaan awal mendaftarkannya, bisa langsung gagal itu permohonan Malaysia.” - (Muhammad Rizki)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in