Home | Jurnal Medan | Pemerintah Mesti Sesuaikan Saham BUMN

Pemerintah Mesti Sesuaikan Saham BUMN

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Jelang pelepasan saham PT Semen Batu Raja lewat initial public overing (IPO) pada 2012 ini, pemerintah diharapkan memberlakukan standar nilai yang sama dengan nilai yang diterapkan pada saham-saham BUMN sebelumnya.

Asisten Manajer Danareksa Securitas Medan Gunawan Bendjamin mengatakan, pemerintah diminta menyesuaikan harga saham PT Semen Batu Raja. Selayaknya standar yang diberlakukan ketika pelepasan saham Garuda Indonesia beberapa waktu lalu maupun saham Krakatau Steel. Penyesuaian ini diharapkan dapat mendongkrak transaksi di bursa saham.

Penyesuaian menjadi sangat penting setelah transaksi di lantai bursa sempat terperosok cukup dalam akibat aksi tunggu pelaku pasar. Pasca ketidakpastian kebijakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada akhir Maret lalu.

Jika pemerintah mematok harga tinggi untuk setiap lembar sahamnya, dipastikan IPO atas saham-saham BUMN nantinya hanya akan dikuasai oleh pelaku pasar bermodal besar. Sementara melalui IPO, saham-saham BUMN diharapkan juga dapat dimiliki oleh seluruh masyarakat, tidak hanya bagi yang bermodal besar.

Selain penyesuaian harga lembar saham, pemerintah juga didesak mempercepat realisasi pelepasan hasam 4 BUMN lainnya yang telah dicanangkan sejak tahun lalu. Keempat BUMN tersebut merupakan perusahaan perkebunan. Percepatan diharapkan segera dilakukan agar semakin meningkatkan akselerasi pertumbuhan transaksi.

Penyesuaian harga saham perdana BUMN ini diharapkan hanya berkisar di bawah Rp 3 ribu per lembarnya. Karena dengan pembatasan jumlah pembelian saham yang diberlakukan saat IPO, peran serta masyarakat umum untuk berinvestasi di BUMN akan lebihnyata. Semakin besar peran masyarakat dipastikan akan mendorong pertumbuhan BUMN semakin baik dan dinamis. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in