Home | Jurnal Medan | Apindo Minta Industri Kosmetik Berinovasi

Apindo Minta Industri Kosmetik Berinovasi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumatera Utara meminta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun industri bidang kosmetik untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk. Dalam rangka menyeimbangkan pasar kosmetik lokal yang dibanjiri oleh produk kosmetik impor.

Apalagi, dari berbagai temuan yang ada kosmetik impor, khususnya yang didominasi dari Cina, seringkali tidak memenuhi ketentuan keamanan penggunaan. Sehingga kosmetik lokal semakin tertekan meski sumber daya yang terdapat di dalam negeri cukup berlimpah dan potensi peningkatan daya saing baik dari sisi harga maupun kualitas masih mudah diperoleh.

Sementara bagi produsen kosmetik lokal, baik UMKM maupun industri besar diharapkan dapat mengurus sertifikasi keamanan produk. Sehingga keamanan masyarakat konsumen dapat terjamin. Sertifikasi ini juga penting dalam rangka meningkatkan daya saing produk di pasar.

Khusus bagi Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) didesak dapat memfasilitasi dan mendorong pertumbuhan produksi lokal yang ada saat ini. Salah satunya memfasilitasi proses sertifikasi dan memberikan supervisi tentang kualifikasi kosmetik yang aman sesuai standar kesehatan. Sebab selain mengawasi, BBPOM memiliki peran mendorong pertumbuhan daya saing produk.

Dalam rangka meningkatkan daya saing, produsen lokal juga diminta mengembangkan teknologi pengolahan bahan-bahan kosmetik tradisional. Mengingat kualitas bahan tradisional lebih terjamin dan bebas bahan kimia. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in