Home | Jurnal Medan | Dahlan Iskan: FSRU Belawan Tetap Dipindah

Dahlan Iskan: FSRU Belawan Tetap Dipindah

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Meneg BUMN Dahlan Iskan memastikan proyek pembangunan fasilitas penampungan dan regasifikasi gas terapung (Floating Storage and Regasification Unit) di Belawan, tetap akan dipindahkan ke Lampung.

Dahlan Iskan dalam kunjungannya ke Medan mengatakan proyek ini sejak awal diperuntukkan bagi pemenuhan gas PT PLN. Untuk menekan biaya produksi listrik di tengah penghematan anggaran pemerintah, akibat kenaikan harga minyak dunia. Efisiensi dipastikan menjadi alasan utama mengingat dibutuhkannya dana yang cukup besar untuk pembangunannya.

Persoalan krisis gas yang berlangsung di Sumatera Utara juga dipastikan tidak serta merta selesai, bila hanya bergantung pada FSRU tersebut. Karena meski dipindahkan, FSRU itu baru dapat dioperasikan 2 tahun lagi. Sebagai langkah alternatif dalam memenuhi kebutuhan gas PLN serta industri di Sumut, pemerintah telah menyiapkan program revitalisasi atas FSRU Arun di Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam. Dengan melakukan modifikasi sedemikian rupa sehingga FSRU yang selama ini diperuntukkan bagi kebutuhan ekspor dapat digunakan mendistribusikan gas melalui pipa ke Sumut.

Sebelumnya, rencana pemerintah memindahkan proyek FSRU ini dari Belawan ke Lampung telah mendapat penolakan dari pelaku industri dan Pemerintah Sumatera Utara. Pembangunan proyek ini dianggap menjadi solusi jangka panjang atas krisis gas yang terjadi di Sumut. Pelaku industri tetap dapat menerima pemindahan FSRU, selagi pemerintah dapat menjamin harga yang ditetapkan per kaki kubik gasnya dari Arun akan sama dengan harga yang dibebankan jikan proyek ini tetap di Belawan. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in