Home | Jurnal Medan | 195 Ribu Siswa Ikuti Ujian Nasional

195 Ribu Siswa Ikuti Ujian Nasional

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sebanyak 195 ribu lebih siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumatera Utara hari ini mengikuti ujian nasional (UN). Tingkat kelulusan di tahun ini pun ditarget dapat mencapai 100 persen.

Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho ketika melakukan kunjungan ke beberapa SMA yang tengah menggelar UN mengatakan, 195 ribuan siswa ini mengikuti ujian di 1.800 sekolah yang tersebar di 33 kabupaten/kota di Sumut. Untuk persiapan penyelenggaraannya, Pempropsu bekerjasama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Tingkat kelulusan di 2012 ini pun ditarget dapat mencapai 100 persen. Setelah pada 2011 lalu tingkat kelulusan siswa SMA sederajat mencapai 99,8 persen. Dari laporan yang diterimanya, tidak satu pun siswa yang terpaksa menjalani UN di rumah sakit. Sementara bagi siswa yang tidak dapat mengikuti ujian hari ini karena alasan yang kuat, dibenarkan untuk mengikuti ujian susulan 23 April mendatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Syaiful Safri mengatakan, penyelenggaraan pengawasan untuk UN ini dilakukan oleh 1.900 tenaga pengawas. Berasal dari Unimed maupun guru sekolah. Sedangkan untuk pengamanan, melibatkan 2.400 personil dari Polda Sumatera Utara.

Persiapan menjelang pelaksanaan Unjian Nasional juga diakui telah dilakukan dengan baik. Sebanyak 5 truk disiapkan untuk mendistribusikan lembar soal ujian. Sedangkan di sisi siswa sekolah sendiri, sudah disiapkan sejak 6 bulan lalu. Karenanya, dipastikan seluruh siswa di Sumut, sudah siap menghadapi UN.

Gatot Pujo Nugroho mengingatkan agar seluruh siswa yakin untuk mengerjakan soal ujian secara individu. Sebab setiap soal tidak sama satu dengan yagn lainnya. Siswa juga dipastikan mampu menjawab soal UN, karena para guru sudah memberikan pelajaran yang memadai dalam rangka menghadapi ujian tersebut. fika rahma

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in