Home | Jurnal Medan | Deposito Syariah Bebas Rugi

Deposito Syariah Bebas Rugi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia memastikan sistem bagi hasil pada produk deposito perbankan syariah, dapat menguntungkan nasabah.

Peneliti Madya Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia, Iman Sudarmoko mengatakan sistem bagi hasil yang diberlakukan pada produk deposito perbankan syariah, yang besarannya ditentukan setelah jatuh tempo kontrak deposito tidak akan merugikan nasabah. Bahkan sistem ini dinilai dapat mnguntungkan kedua belah pihak.

Dalam sistem ini, likuiditas bank penyedia program deposito syariah akan lebih terjaga dan secara tidak langsung hasilnya akan diterima para nasabah. Lewat perhitungan bagi hasil perbankan. Keamanan dana deposito yang pada umumnya disiapkan menjadi sangat penting untuk para nasabahnya. Proporsi besaran bagi hasil perbankan syariah juga telah diatur sedemikian rupa.

Iman Sudarmoko menambahkan, produk deposito perbankan syariah juga dinilai memberikan kemudahan bagi nasabahnya. Jika pada program deposito perbankan konvensional, para nasabah akan terkena penalti cukup besar jika menarik dana sebelum kontrak berakhir. Namun pada bank syariah, nasabah dapat melakukan penarikan di setiap tanggal jatuh tempo setiap bulannya.

Sementara dalam data Bank Indonesia, terdapat setidaknya 11 bank syariah yang memiliki produk deposito syariah. Rata-rata menerapkan sistem bagi hasil di kisaran 40 persen untuk nasabah dan 60 persen bagi bank penyedia. Jangka waktu deposito juga diakui sangat fleksibel, mulai dari 1, 3, 6 dan 12 bulan. Dengan perhitungan bagi hasil setiap bulannya. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in