Home | Jurnal Medan | Petani Jagung Ancam Turun ke Jalan Lagi

Petani Jagung Ancam Turun ke Jalan Lagi

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Himpunan Petani Jagung Indonesia (Hipajagin) Sumatera Utara kembali memastikan siap untuk turun ke jalan, memprotes kebijakan pemerintah mempertahankan kebijakan impor buah dan pangan saat ini. Aksi ini dipastikan terjadi bila pemerintah tetap tidak mempertimbangkan nasib petani.

Ketua Hipajagin Sumut, Jemat Sebayang mengatakan masuknya produk buah dan pangan impor telah menekan harga jual ke tingkat terendah. Jagung misalnya, saat ini harga di petani hanya Rp 2.400,-/kg. Dalam kondisi ini, petani harus merugi sekitar 25 persen. Seiring peningkatan biaya produksi seiring ketidakpastian iklim yang menekan angka produksi.

Hipajagin menuntut pemerintah dapat menetapkan harga minimal jagung di tingkat petani pada kisaran Rp 3 ribu/kg jika bersikeras memberlakukan kebijakan impor. Karena pada dasarnya, dengan kapasitas produksi mencapai 1,5 juta tin per tahun, jagung lokal masih menjadi sumber utama konsumsi dan dapat menjadi pemenang pasar jika terdapat ketetapan harga.

Jemat juga mengakui, saat ini tengah berkomunikasi intensif dengan ribuan petani jagung, jeruk dan kentang di Sumatera Utara. Untuk mempersiapkan aksi turun ke jalan yang direncanakan berlangsung akhir April. Dalam aksi tersebut, setidaknya 500 truk yang selama ini membawa produk buah ke Jawa, ditambah 100 unit milik petani kentang dan 500 truk petani jagung siap membawa seluruh petani menuju kantor Pemerintah Sumatera Utara.

Di sisi lain, pemerintah mengakui saat ini telah menyiapkan kebijakan pembatasan terhadap produk buah impor, hanya melalui Pelabuhan Belawan terhitung Juni mendatang. Pemerintah juga telah menyosialisasikan penggunaan buah lokal untuk melindungi petani. Namun kebijakan ini masih belum berhasil menekan masuknya komoditas buah dari luar negeri. Mengingat pemerintah masih belum melakukan kebijakan proteksi melalui pembatasan besaran volume impor. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in