Home | Jurnal Medan | DPRD Sumut Panggil Pemerintah Propinsi Terkait Anggaran Pilkada 2012

DPRD Sumut Panggil Pemerintah Propinsi Terkait Anggaran Pilkada 2012

By
Font size: Decrease font Enlarge font

DPRD Sumatera Utara akan memanggil Pemerintah Propinsi terkait minimnya anggaran yang diajukan untuk penyelenggaraan pilkada tahun 2013 mendatang. Anggota Komisi A DPRD Sumatera Utara Bustami HS mengatakan dari hasil rapat dengar pendapat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara sudah mengajukan anggaran sebesar Rp.21 miliar untuk tahap awal penyelenggaraan pilkada. Akan tetapi pemerintah hanya menyetujui sebanyak Rp.60 miliar.

Dana Rp.60 miliar ini dinilai belum mencukupi sebagai anggaran awal pilkada. Pempropsu seharusnya memikirkan bagaimana KPU Sumut akan menyelenggarakan pilkada, apabila anggaran yang diberikan sangat minim bahkan jauh dari anggaran yang diajukan.

Sementara itu, anggota komisi A DPRD Sumatera Utara lainnya, Syamsul Hilal menyayangkan lambatnya KPU Sumut mengajukan anggaran pelaksanaan pilkada kepada pemerintah propinsi. Mengingat pembahasan APBD 2012 sudah dibahas sejak Juni 2011. Sedangkan KPU mengajukan anggaran pada September. Di sisi lain, pembahasan anggaran sendiri cenderung tidak transparan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam anggaran yang semula diajukan , tiba-tiba menghilang tanpa diketahui siapapun.

Minimnya anggaran yang diberikan oleh pempropsu sampai saat ini, diharapkan tidak membuat pilkada tahun 2013 dibatalkan. Pasalnya, agenda pilkada yang sudah dirancang oleh KPU, disesuaikan dengan masa jabatan gubernur Sumatera Utara. Selain itu, menurut Undang-Undang pelaksanaan pilkada harus disesuaikan dengan berakhirnya masa jabatan pimpinan daerah. Oleh karena itu tidak ada alasan untuk menunda atau bahkan membatalkan pilkada 2013.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in