Home | Jurnal Medan | Pilkada Sumut 2013 Terancam Batal

Pilkada Sumut 2013 Terancam Batal

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2013 mendatang terancam gagal. Pasalnya, anggaran yang diajukan oleh KPU sebesar Rp 121 miliar pada 2012 baru disetujui setengahnya atau Rp60 miliar. Sisa anggaran yang akan ditampung dalam APBD Perubahan 2012 maupun dalam RAPBD 2013 dikhawatirkan tidak terealisasi mengingat Pilgub Sumut 2013 akan dilangsungkan di awal Maret.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara Irham Buana Nasution menegaskan jika penundaan maupun pembatalan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara merupakan keputusan dan tanggunjawab pemerintah bersama DPRD propinsi. Apalagi saat ini anggaran menjadi satu-satunya persoalan yang memungkinkan ditunda atau dibatalkannya pilgubsu. KPUD sendiri diakui telah mengajukan anggaran sebesar Rp.121 miliar untuk tahap awal pelaksanaan PILGUBSU 2013, namun hingga hari ini baru Rp.60 miliar yang disiapkan pemerintah.

Irham menambahkan, saat ini belum ada keputusan pasti terkait penundaan atau pembatalan pilgubsu, karena meski anggaran belum tersedia namun sekretaris daerah Propinsi Sumatera Utara terus berjanji akan memasukkan kekurangan anggaran tersebut dalam APBD-P dan RAPBD 2013. Diakui ada kekhawatiran kekurangan anggaran itu akan menghambat kinerja KPUD, namun ia mengklaim KPUD akan berupaya memaksimalkan kinerja dengan anggaran yang ada.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in