Home | Jurnal Medan | PBB Kota Medan Naik Hingga 100 persen

PBB Kota Medan Naik Hingga 100 persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Walikota Medan Rahudman Harahap mengatakan kenaikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di tahun ini, sudah sesuai dengan Undang Undang nomor 28 tahun 2009 dan Peraturan Daerah nomor tiga tahun 2011. Sebuah bangunan dan tanah yang nilainya di atas 1 miliar rupiah, kenaikannya sekitar 0, 3 persen , sedangkan di bawah 1 miliar rupiah, kenaikannya 0,2 persen dan itupun tergantung Nilai Jual Objek Pajak NJOP.

Rahudman menambahkan ia telah menginstruksikan Dinas Pendapatan menyediakan tempat pengaduan masyarakat terkait kenaikan PBB ini. Sehingga keluhan dari masyarakat dapat segera ditindaklanjuti. Khusus untuk pengusaha mikro, pemko berkomitmen tetap membantu  baik dari sisi permodalan maupun pajak bangunan mereka.

Warga Kecamatan Medan Amplas L Manurung mengaku sangat keberatan atas kenaikan PBB ini. Menurutnya, tahun ini PBB yang harus ia bayar naik 2 kali lipat. Terkait ruang pengaduan yang disediakan Pemko, menurutnya Perda yang sudah disahkan tersebut menjadi sebuah produk hukum dan terlanjur menjadi milik masyarakat . Apalagi dalam perda nomor 3 tahun 2011 ini, tidak ada penegasan yang menyebutkan bahwa masyarakat dikenakan PBB yang cukup besar berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak atau berdasarkan luas tanah dan bangunannya.

Sementara itu, 6 dari 8 fraksi di DPRD Medan sepakat untuk mengusulkan revisi Perda Kota Medan Nomor 3 tahun 2011 tentang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan kepada Pemerintah Kota (Pemko). Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan Hasyim mengatakan, kehadiran Perda No 3 tahun 2011 tentang PBB Perkotaan sangat memberatkan para wajib pajak di Kota Medan, karena kenaikannya mencapai 100 persen lebih.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Demokrat Herri Zulkarnain dan Anggota Fraski Golkar Ferdinand L Tobing, secara tegas meminta kepada Pemko Medan agar merevisi Perda PBB tersebut. Menurut mereka, di tengah situasi perekonomian masyarakat saat ini, kenaikan PBB mencapai 100 persen lebih sangat memberatkan.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in