Home | Jurnal Medan | Bulog Siap Gelar Operasi Pasar

Bulog Siap Gelar Operasi Pasar

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perum Bulog Divre Sumatera Utara menyatakan kesiapannya menggelar operasi pasar, jika harga beras belum juga turun paska naiknya harga sebagai dampak rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

Kepala Perum Bulog Sumatera Utara, Nasrun Rahmani mengatakan operasi pasar siap untuk digelar dalam 2 hingga 3 hari ke depan. Jika harga beras di pasar belu juga turun, walau pemerintah batal menaikkan harga Bahan Bakar Minyak per 1 April kemarin.

 

Operasi pasar diakui dapat dilakukan bila harga beras naik lebih dari 10 persen. Ditambah lagi adanya permintaan dari pemerintah daerah. Dan khusus hal ini, diakui seiring dengan digulirkannya rencana menaikkan harga BBM, sejumlah pemerintah daerah telah mengajukan operasi pasar oleh Bulog.

 

Perum Bulog juga mengingatkan masyarakat agar tidak panik dengan kenaikan harga yang terjadi. Karena kenaikan harga lebih disebabkan oleh spekulasi, bukan karena kekosongan pasokan.

 

Saat ini, Bulog Sumut diakui memiliki cadangan hingga 104 ribu ton yang siap dikucurkan untuk operasi pasar maupun penyaluran beras miskin (raskin). Stok ini masih akan terus bertambah seiring masa panen yang masih berlangsung di Sumut dan Aceh, sumber utama beras Bulog Sumut.

 

Dalam pantauan Smart FM Medan, harga beras di pasar rata-rata naik sekitar Rp 1.000,- pada kisaran harga Rp 8.500,-/kg. Kenaikan ini tercatat telah melebihi 10 persen jika dibandingkan harga bulan lalu Rp 7.500,-/kg. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in