Home | Jurnal Medan | Efek Krisis Amerika dan Eropa Makin Kentara

Efek Krisis Amerika dan Eropa Makin Kentara

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Perkiraan mengecilnya volume perdagangan di pasar internasional mulai tahun 2012, seiring dengan belum kunjung selesainya krisis ekonomi yang melanda Eropa dan Amerika mulai menunjukkan penguatan gejala.

Kepala Seksi Ekspor Hasil Pertanian dan Pertambangan Dinas Perindustrian dan Perdangan Sumatera Utara, Fitra Kurnia mengatakan hal ini dibuktikan dengan penurunan realisasi ekspor ke sejumlah negara di Eropa dan Amerika. Meski pada Januari lalu kinerja ekspor masih cukup baik, penurunan kinerja ekspor hingga 15 persen pada Pebruari lalu, sangat mengkhawatirkan.

Penurunan terjadi sebab banyak kontrak impor produk asal Sumut di 2011 yang baru berakhir di Januari dan Pebruari lalu. Kinerja ekspor Sumut sendiri tidak jatuh terlalu jauh, akibat masih terdorong oleh ekspor crude palm oil (CPO) ke Jerman dan Belanda yang menggunakan komoditi ini sebagai produk substitusi minyak fosil yang saat ini harganya melebihi US$ 120/barel. Bulan-bulan ke depan masih akan menjadi saksi terus mengecilnya volume perdagangan di pasar internasional.

Negara-negara yang selama ini menjadi tujuan ekspor produk asal Sumut akan beralih ke sumber daya lokal maupun subtitusi, dalam rangka menekan biaya produksi. Hal ini ditunjukkan oleh eksportir yang mengaku belum mendapatkan repetisi pemesanan dari para importir.

Dengan mengecilnya volume perdagangan internasional serta penurunan kinerja ekspor akan berpengaruh besar terhadap perekonomian. Khususnya terkait cadangan devisa pemerintah dan prospek sektor ril. Oleh karena itu pemerintah dinilai perlu mempercepat realisasi pengadaan industri hiilir. Agar penurunan kinerja ekspor dari produk pertanian dan pertambangan dapat diimbagi. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in