Home | Jurnal Medan | Ekspor Februari Turun 15 Persen

Ekspor Februari Turun 15 Persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Krisis Eropa dan Amerika masih berdampak negatif terhadap perekonomian Sumatera Utara. Khususnya pada komoditi yang selama ini diekspor ke sejumlah negara yang juga terimbas krisis. Tercatat ekspor Sumut mengalami penurunan hingga 15 %.

Kepala Seksi Ekspor Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara, Fitra Kurnia mengatakan penurunan ekspor ini terlihat berdasarkan Surat Keterangan Asal (SKA) yang diterbitkan dinasnya. Pebruari lalu tercatat nilai transaksi perdagangan luar negeri untuk hasil pertanian dan pertambangan sebesar US$ 768,23 juta. Dengan volume 729 ribu ton.

 

Jumlah tersebut menurun dari Pebruari lalu yang tercatat bernilai US$ 904,33 juta dengan volume mencapai 703,40 ribu ton. Penurunan terbesar terjadi pada komoditi crude palm oil (CPO), kopi arabika, biji cokelat, karet dan hortikultura.

 

Meski demikian, tetap tercatat peningkatan pada komiditi tertentu, di antaranya kopi instan dan robusta, biji pinang, hasil hutan dan udang.

 

Penurunan pada Pebruari juga menyebabkan kinerja ekspor Sumut secara tahanan menurun hamper 8 % dari US$ 91,2 juta pada 2011 lalu menjadi US$ 84,91 juta. Penurunan ini pun sudah diprediksi sebelumnya. Belum maksimalnya penanganan krisis keuangan di Eropa dan Amerika serta peningkatan harga minyak dunia di luar perkiraan pasar, menekan pertumbuhan ekspor.

 

Namun penurunan realisasi ekspor pada Pebruari lalu dipastikan masih dalam batas perkiraan pemerintah sejak akhir Desember lalu. Dengan perkiraan penurunan mencapai 20 %. Meski demikian diharapkan kondisi ini akan berubah pada beberapa bulan ke depan. Mengingat negara-negara importir produk pertanian Sumut pada dasarnya telah memasuki bulan produksi. Membaiknya realisasi ekspor diharapkan kembali menggairahkan sector ril tanah air. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in