Home | Jurnal Medan | Kodam Tingkatkan Jumlah Personil

Kodam Tingkatkan Jumlah Personil

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Mengantisipasi potensi meluasnya aksi unjukrasa yang mengarah pada rusuh massa, Kodam I Bukit Barisan meningkatkan jumlah personil yang bertugas mengantisipasi rusuh massa dalam aksi menolak rencana kenaikan harga. Hal ini diakui dilakukan sesuai permintaan dari Kepolisian Daerah Sumatera Utara.

Panglima Kodam I Bukit Barisan Lodewijk F Paulus mengatakan permintaan penambahan ini telah disampaikan Kapoldasu Wisjnu Amat Sastro dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan yang terjadi akibat aksi anarkis pengunjukrasa seperti Senin (26/3) di depan Bandara Polonia Medan.

 

Menjawab permintaan ini Kodam telah menyiagakan 1.400 personil TNI di sejumlah objek vital yang ada di Medan. Jumlah ini meningkat dua kali lipat disbanding jumlah yang sebelumnya diturunkan. Dari jumlah tersebut pula, dipastikan hanya personil TNI Angkatan Udara yang dipersenjatai menggunakan senjata api. Mengingat bandara juga menjadi bagian dari pangkalan udara militer.

 

Selain menerjunkan personil yang khusus mengantisipasi rusuh massa, Kodam I Bukit Barisan juga menerima permintaan agar ikut menyiagakan seluruh personil TNI di tingkatan Kodim dan Koramil. Demi mengantisipasi meluasnya aksi anarkis hingga ke kawasan pemukiman penduduk.

 

Meski demikian, personil TNI tetap diingatkan untuk lebih mengedepankan pendekatan persuasif terhadap para pengunjukrasa. Bukan pendekatan kekerasan. Guna mengantisipasi hal-hal yang hanya akan merugikan TNI. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in