Home | Jurnal Medan | Mengkaji Kondisi Pekerja Rumah Tangga dan Pekerja Rumah Tangga Anak di Sumatera Utara

Mengkaji Kondisi Pekerja Rumah Tangga dan Pekerja Rumah Tangga Anak di Sumatera Utara

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pekerja rumah tangga mewakili kelompok pekerja perempuan terbesar yang bekerja di dalam rumah tangga baik di negara mereka sendiri maupun di luar negeri. Meski pekerja rumah tangga memiliki peran penting, pekerjaan rumah tangga masih belum diakui sebagai sebuah pekerjaan. Karena dilakukan di dalam rumah tangga, yang tidak dianggap sebagai sebagai tempat kerja di banyak negara, hubungan kerja mereka tidak diakui di dalam peraturan ketenagakerjaan nasional atau peraturan lainnya. Alhasil, mereka pun tidak dapat mengenyam perlindungan kerja selaiknya pekerja lainnya.

Menurut studi ILO pada 2004, diperkirakan terdapat 2.593.399 pekerja rumah tangga di Indonesia; dan sekitar 1,4 million juta di antaranya adalah pekerja rumah tangga yang bekerja di Jawa. Mayoritas pekerja rumah tangga adalah perempuan dengan tingkat pendidikan yang rendah; mereka pun umumnya datang dari keluarga miskin di masyarakat pedesaan. Selain pekerja rumah tangga dewasa, salah satu bentuk umum dari pekerja anak yang ditemukan di Indonesia adalah pekerja rumah tangga anak. Diperkirakan sekitar 688.000 anak di bawah usia 18 tahun adalah pekerja rumah tangga di Indonesia, dan diperkirakan sekitar 25 persen pekerja rumah tangga akan tersebut berusia di bawah 15 tahun.

 

Guna menanggulangi permasalahan terkait dengan pekerja rumah tangga dan pekerja anak sebagai upaya memberikan pengakuan terhadap pekerja rumah tangga, Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) dan SmartFM Medan, stasiun radio terkemuka di Medan, akan menggelar bincang-bincang interaktif, “Prolematika dan Solusi tentang Pekerja Rumah Tangga dan Pekerja Rumah Tangga Anak di Sumatera Utara” pada Rabu, 21 Maret 2012, di Hotel Asean Internasional, Medan, Sumatera Utara.

 

Bincang-bincang ini akan menghadirkan drg Iis Faizah Hanum (Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Sumatera Utara), Halmayanti (Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tanjung Balai), Jumiati (Ketua Kelompok Pekerja Rumah Tangga), Edi Sunarwan (Pengamat) dan Muhammad Nour (Koordinator Program ILO untuk Pekerja Migran).

 

Bincang-bincang ini diselenggarakan sejalan dengan upaya ILO mempromosikan ratifikasi Konvensi No. 189 tentang Pekerja Rumah Tangga yang baru saja diadopsi pada Konferensi Perburuhan Internasional (ILC) di Jenewa pada Juni 2011. Bincang-bincang ini pun berupaya meningkatkan kesadaran dan berbagi informasi mengenai pekerja rumah tangga dewasa dan anak di Sumatera Utara, dan memperkuat serta memberdayakan organisasi pekerja rumah tangga, baik bagi pekerja dewasa maupun anak, serta pekerja rumah tangga migran.

 

Acara ini pun memberikan forum interaktif bagi peserta untuk membahas mengenai keterkaitan antara pekerja rumah tangga migran yang bekerja di luar negeri maupun dalam negeri, pekerja rumah tangga dan pekerja rumah tangga anak serta menegaskan persoalan-persoalan yang dihadapi masing-masing kelompok pekerja ini.

 

Bincang-bincang Medan ini merupakan bincang-bincang keempat dari serangkaian acara mengenai pekerja rumah tangga dan pekerja rumah tangga anak yang digelar ILO melalui Proyek Memerangi Kerja Paksa dan Perdagangan terhadap Pekerja Migran, sebagai bagian dari kampanye mempromosikan hak-hak pekerja rumah tangga. Tiga acara sebelumnya digelar di Surabaya, Bandung dan Makassar, sementara acara akhir akan digelar di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Subscribe to comments feed Comments (5 posted)

avatar
on senarai peetsra tu ke?takde motifnya kalau nak coding page tu.sbb perlu database lagi.kalau nak code buat paging, rasanya kat atas tu dah ada.
avatar
I think you hit a <a href="http://vqdqnsppto.com">buyeslle</a> there fellas!
avatar
Heck yeah baybe-e keep them coming! http://xufcvdmkslf.com wgeqiq [link=http://yyqsnfpsqtv.com]yyqsnfpsqtv[/link]
avatar
Oh yeah, <a href="http://hjqomyrp.com">faolubus</a> stuff there you!
avatar
Yo, that's what's up trufltulhy. http://puakrvbif.com lkiwhuxov [link=http://crlcyl.com]crlcyl[/link]
total: 5 | displaying: 1 - 5

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in