Home | Jurnal Medan | PNS Pajak Gelapkan Pajak 9 M

PNS Pajak Gelapkan Pajak 9 M

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Oknum PNS perpajakan di Kantor Wilayah Direktorat Pajak Wilayah II Sumut, diduga terlibat dalam penggelapan pajak senilai Rp 9 miliar. Persoalan ini pun diakui telah diserahkan pada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) dan Korwas kepolisian.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Pajak Wilayah II Sumut, Harta Hendra Tarigan mengatakan oknum PNS berinisial A tersebut menjabat sebagai Kuasa Direksi Perpajakan Wilayah II Sumut. Dari hasil penyidikan dan konfirmasi ke berbagai pihak, A mengklaim telah merestitusi atau mengganti kerugian dari enam perusahaan yang terlibat tunggakan pajak sejak tahun 2007 hingga 2008.

 

Selain menyerahkan perkara ini ke Kejatisu dan Korwas Polri, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31, turunan dari pasal 35 Undang-undang Dasar Ketentuan Umum Perpajakan yang menyatakan semua instansi pemerintah maupaun swasta harus menyerahkan data ke direktorat wajib pajak. Dirjend Pajak melakukan upaya meminimalisir kemungkinan kecurangan lain yang berpotensi terjadi.

 

Harta Hendra Tarigan memastikan segala prosedur telah diterapkan pada seluruh perusahaan agar mematuhi dan membayar kewajiban pajak. Sosialisasi dan konsultasi menjadi program yang diutamakan. Pemeriksaan secara administratif pun juga telah dilakukan dengan melibatkan pihak ketiga sebagai pendukung informasi.

 

Sementara itu, dalam catatan Kanwil Direktorat Pajak Wilayah II Sumut terdapat enam perusahaan yang selama ini membayar pajak di luar beban sesungguhnya. Dua di antaranya Kabanjahe Kabupaten Karo dan Kota Tebing Tinggi. Kanwil Pajak juga masih mengumpulkan potensi kerugian negara yang terjadi dan diprediksi akan terus bertambah. muhammad rizki

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in