Home | Jurnal Medan | Permintaan Mobil Diprediksi Bergerak Positif

Permintaan Mobil Diprediksi Bergerak Positif

By
Font size: Decrease font Enlarge font

PT Astra Internasional optimis tingkat pertumbuhan permintaan mobil di Sumatera Utara akan terus bergerak positif. Meski pemerintah berencana menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi per April mendatang.

Regional Head Sumatera PT Astra Intenasional, Tunjung Pramusinto mengatakan berdasarkan pengalaman kenaikan harga BBM sebelumnya, meski tingkat penjualan mobil ikut terpengaruh akibat meningkatnya biaya hidup yang harus dikeluarkan masyarakat. Namun tingginya pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara, pasar otomotif diperkirakan dapat pulih kembali dalam kurun waktu tiga bulan.

 

Ancaman pelambatan pertumbuhan penjualan produk otomotif di Sumut justru dikhawatirkan datang dari perusahaan pembiayaan. Rencana pemerintah menaikkan harga BBM dengan besaran sekitar Rp 2 ribu per liter, dikhawatirkan akan memicu perusahaan pembiayaan meningkatkan kehati-hatian dalam memberikan fasilitas pembiayaan. Karena dengan besaran peningkatan itu, diprediksi akan menambah pengeluaran masyarakat hingga sekitar Rp 300 ribu/bulan. Sehingga meningkatkan rasio gagal bayar kredit.

 

Tunjung Pramusinto memastikan, dari sisi penjualan sejatinya kenaikan harga BBM maupun kebijakan pemerintah lainnya telah diperhitungkan sedemikian rupa. Untuk mengantisipasi dampak negatif berkepanjangan sebagai buntut dari kebijakan itu.

 

Selama ini, Astra diakui cukup bertahan dengan beragam kebijakan yang diterbitkan pemerintah dan justru dapat terus tumbuh secara positif. Dicontohkannya, ketika pemerintah meningkatkan pajak kendaraan dari 10 menjadi 15 persen pada tahun lalu, pertumbuhan penjualan mobil tetap dapat tumbuh sekitar 14 %.

 

Meski demikian, dia menegaskan, pertumbuhan bisnis mobil tetap akan bergantung pada beberapa komponen fundamental, seperti inflasi maupun pertumbuhan ekonomi. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in