Home | Jurnal Medan | e-KTP Molor Gamawan Fauzi Siap Mundur

e-KTP Molor Gamawan Fauzi Siap Mundur

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Menteri dalam Negeri Gamawan Fauzi kembali menyatakan siap mundur dari jabatannya, bila penyelesaian Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik melebihi ambang batas waktu yang telah ditetapkan pemerintah.

Mendagri Gamawan Fauzi di sela-sela mamantau poses pembuatan e-KTP di Kecamatan Medan Helvetia mengatakan, jika hingga akhir Desember 2012 program KTP elektronik ini gagal diselesaikan, dirinya siap untuk mundur dari jabatannya. Seiring pelaksanaan e-KTP sempat tertunda dari jadwal pelaksanaan awal, yang rencananya mulai digulirkan tahun 2003 lalu.

 

Penundaan dari tahun 2003 harus dilakukan sebab harus melalui penelitian mendalam terhadap alat yang sudah dirancang. Serta melalui uji coba I sejumlah kecamatan, didapati hasil yang cukup memuaskan. Berawal dari hal inilah pemerintah akhirnya memustukan untuk mulai menggulirkan program e-KTP ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Dengan harapan tidak ada lagi masyarakat yang memiliki identitas ganda.

 

Sementara itu, Walikota Medan Rahudman Harahap mengaku Pemko Medan terus menyosialisasikan dan sekaligus menjalankan program e-KTP yang dimulai Oktober 2011 hingga 8 Maret lalu. Pemko Medan diakui telah melayani lebih dari 900 ribu jiwa atau sekitar 45,30 % dari total jumlah penduduk dengan menggunakan alat perekam yang berjumlah 79 set.

 

Berdasarkan rapat koordinasi nasional beberapa waktu lalu, target kontrak yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemko Medan mencapai lebih dari 1 juta 700 ribu jiwa. Sehingga dengan kata lain, Pemko Medan telah menyelesaikan program e-KTP sekitar 54,56 %.

 

Sementara itu, di antara 21 kecamatan di Kota Medan, Kecamatan Helvetia menjadi satu-satunya kecamatan yang tidak memiliki kendala sedikitpun. Baik dari masyarakat maupu alat yang digunakan menyukseskan program pemerintah pusat dalam pendataan jumlah penduduk di Indonesia. Di kecamatan ini,56 persen dari total penduduk telah terlayani. muhammad rizki  

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in