Home | Jurnal Medan | 54 Outlet Indomaret Tanpa Izin

54 Outlet Indomaret Tanpa Izin

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sebanyak 54 outlet waralaba Indomaret di Kota Medan diakui belum memiliki izin. Meski setiap perusahaan waralaba telah diwajibkan memenuhi Peraturan Walikota (Perwal) yang mengatur standarisasi pendirian usaha sejenis.

Branch Manager Indomaret wilayah Kota Medan, Kabupaten Langkat dan Kota Tanjung Balai, Naruji mengatakan dari 148 toko swalayan Indomaret yang beroperasi di Medan, 54 di antaranya belum memiliki izin operasional sesuai dengan Perwal Nomor 20 tahun 2011.
 
Meski demikian, manajemen PT Indomarco berjanji akan menyelesaikan persoalan administrasi ini. Walau dia mengakui terdapat beragam persoalan yang dimunculkan ketika Indomaret berusaha mengajukan izin. Persoalan ini diduga terjadi akibat tekanan yang timbul karena persoalan persaingan usaha. Sehingga diharapkan, instansi terkait dapat lebih objektif menyikapi persoalan ini.
 
Menanggapi dugaan ini, Kepala Badan Pelyanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Medan, Wirya Al Rahman mengaku izin 94 unit Indomaret di Medan telah diterbitkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan maupun BPPt. Namun 54 lainnya tidak bisa mendapatkan izin sebab melanggar Perwal Nomor 20 tahun 2011.
 
Sehingga bila Indomaret tetap beroperasi dan melayani konsumen, hal ini sepenuhnya di luar tanggung jawab pemerintah. PT Indomarco seharusnya bersikap tegas kepada pengelola agar segera menyelesaikan persoalan perizinan. Walau apapun alasannya.
 
Sementara itu, Komisi C DPRD Medan menyatakan kekecewaannya terhadap Dinas Perindusrtian dan Perdagangan Kota Medan. Karena tidak tegas menyikapi beroperasinya sejumlah unit usaha yang belum mengantongi izin.
 
Selain itu, pemerintah kota juga diharapkan dapat melakukan analisis dampak ekonomi terhadap pedagang kecil yang berdiri di sekitar wilayah operasional Indomaret ataupun usaha waralaba lainnya. Untuk itu, Komisi C meminta Disperindag Medan dapat menerbitkan surat rekomendasi penutupan sementara 58 unit Indomaret yang belum mengantongi izin. muhammad rizki

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in