Home | Jurnal Medan | Aktivitas Perbankan Melambat di Awal 2012

Aktivitas Perbankan Melambat di Awal 2012

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Bank Indonesia Medan mencatat terjadinya pelambatan pertumbuhan aktivitas perbankan di Sumatera Utara pada awal 2012 lalu. Diperkirakan terjadi sebagai dampak pelambatan perkembangan atas dana pihak ketiga dan penghimpunan kredit.

Peneliti Ekonomi Madya Senior Kantor Bank Indonesia Medan, Mikael Budi Satrio mengatakan pada Januari lalu, aset perbankan di Sumut tercatat sebesar Rp 158 triliun, turun sekitar 1,25 persen bila dibandingkan akhir 2011 lalu. Adanya pelambatan perkembangan dana pihak ketiga dan penghimpunan kredit diperkirakan menjadi pemicunya.

 

Meski melambat, namun jumlah total aset ini tetap tumbuh sekitar 17 persen dibandingkan tahun lalu. Khususnya kontribusi aset perbankan syariah yang dalam 3 tahun terakhir rata-rata tumbuh lebih tinggi, sekitar 42 persen dibandingkan rata-rata pertumbuhan perbankan konvensional.

 

Penurunan jumlah dana pihak ketiga di perbankan hingga Januari tercatat mencapai hampir 1 persen dibandingkan akhir tahun lalu, ke sekitar Rp 126 triliun. Sementara penghimpunan kredit menurun hampir 1,5 persen ke angka Rp 105 triliun. Seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat jelang maupun di akhir tahun, khususnya untuk menghadapi tahun baru maupun Imlek.

 

Meski aktivitas perbankan ini melambat, namun Bank Indonesia memastikan kualitas perbankan Sumut masih cukup baik. Dari sisi kredit misalnya, tingkat non performing loan (NPL) pada Januari tercatat sekitar 2,3 persen dari batas maksimum 5 persen yang ditetapkan. Sementara tingkat keseimbangan dana pihak ketiga dan penyaluran kreditnya (LDR) lebih dari 83 persen.

 

Bank Indonesia pun optimis, aktivitas perbankan akan kembali membaik pada bulan-bulan berikutnya. Seiring kembali dinamisnya pergerakan ekonomi masyarakat. Baik produksi maupun konsumsi. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in