Home | Jurnal Medan | Pemerintah Propinsi Sumatera Utara Berjanji Menghentikan Impor Jagung

Pemerintah Propinsi Sumatera Utara Berjanji Menghentikan Impor Jagung

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah propinsi Sumatera Utara berjanji menghentikan impor jagung selama panen raya berlangsung. Kebijakan ini sebagai langkah mengevaluasi produksi jagung petani, untuk memenuhi permintaan masyarakat.

Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Sumatera Utara, Djaili Azwar mengatakan, selama panen raya berlangsung impor jagung akan dihentikan. Pengusaha pakan ternak sebagai pengguna jagung juga harus melakukan hal yang sama. Kebijakan ini diambil mengingat tergesernya jagung produksi petani lokal dengan jagung impor yang harganya lebih murah. Surat keputusan tentang penghentian impor ini, akan disampaikan kepada seluruh pengusaha pakan ternak di Sumatera Utara, serta instansi terkait di pelabuhan untuk menghentikan produk jagung impor, selama panen raya berlangsung.

Djaili Azwar menambahkan, selama ini pemerintah propinsi tidak bisa bertindak karena ketiadaan data yang diberikan oleh dinas perindustrian dan perdagangan Sumatera Utara. Oleh karena itu, sampai saat ini langkah paling efektif yang bisa dilakukan adalah menghentikan impor selama panen raya, untuk melihat daya serap produk jagung di Sumatera Utara.

Penghentian impor ini hanya akan berlangsung sementara waktu, untuk melihat kemampuan produksi petani jagung dalam memenuhi permintaan pasar. Namun apabila dari evaluasi petani tidak sanggup memenuhi permintaan pasar, impor jagung akan diberlakukan kembali. Pasalnya konsumsi jagung produksi Sumatera Utara tidak hanya dikonsumsi di tingkat lokal, akan tetapi sampai keluar propinsi .

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Sumatera Utara M Roem menuturkan, tahun 2014 dipastikan Sumatera Utara sudah swasembada jagung. Target pemerintah adalah agar tanaman jagung yang termasuk dalam salah satu komoditas primadona, menjadi swasembada. Kebutuhan akan komoditas jagung sendiri bukan hanya untuk konsumsi masyarakat, akan tetapi juga perusahaan pakan ternak. Oleh karena itu ,produksi petani sumatera utara perlu ditingkatkan.

Subscribe to comments feed Comments (4 posted)

avatar
It's a plesruae to find someone who can think so clearly
avatar
Many paper based numbered items can be<a href="http://rbdumwgs.com"> pertectod</a> by sending the numbers to yourself as an attachment to an email. Providers like Hotmail, gmail etc have large independent servers which your disaster won't affect.Easy then to pick up the email from any computer.
avatar
Hey, that's the <a href="http://liduchq.com">gretaest!</a> So with ll this brain power AWHFY?
avatar
Stay inafemotivr, San Diego, yeah boy! http://mtgsqnb.com ejloboosy [link=http://bvuhal.com]bvuhal[/link]
total: 4 | displaying: 1 - 4

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in