Home | Jurnal Medan | 13 Nelayan Batubara Dipulangkan dari Malaysia

13 Nelayan Batubara Dipulangkan dari Malaysia

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sebanyak 13 nelayan asal Batubara yang ditangkap aparat diraja Malaysia, akhirnya pulang ke Medan setelah dijemput oleh perwakilan dinas perikanan dan kelautan Batubara. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Batubara Rinaldi mengatakan, ke 13 nelayan asal Batubara ini ditangkap Oktober tahun lalu dengan alasan pelanggaran batas negara.

Mereka harus menjalani proses pengadilan terlebih dahulu sehingga proses pemulangan berjalan lambat. Pasalnya informasi tentang penangkapan terlambat diketahui, sehingga tidak sempat menghentikan proses persidangan.

Namun akhirnya setelah menjalani proses yang cukup panjang, ke 13 nelayan ini akhirnya bisa dijemput untuk kembali ke tanah air. Salah seorang nelayan yang kembali Indra, mengaku mendapatkan perlakuan yang baik selama berada di penjara Penang Malaysia. Indra mengatakan, penangkapan terjadi saat mereka akan pulang setelah mencari ikan.

Tiba-tiba saja aparat diraja Malaysia langsung menangkap dengan alas an pelanggaran batas negara. Walaupun sudah meminta maaf dan mengaku tidak tahu menahu soal batas negara serta berharap untuk segera dipulangkan, akan tetapi proses pengadilan tetap harus dijalani.

Pasca kejadian ini, Indra akan tetap menjalani profesi sebagai nelayan, namun hanya akan mencari ikan di pinggir laut. Saat ini sekitar 19 nelayan asal Deli Serdang dan Batubara masih berada di penjara Pulau Penang, dan di upayakan untuk secepatnya memboyong mereka kembali ke tanah air.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in