Home | Jurnal Medan | Pemko Medan Siapkan Rp 100 M untuk Minapolitan

Pemko Medan Siapkan Rp 100 M untuk Minapolitan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Kota Medan menargetkan alokasi anggaran hingga Rp 100 miliar untuk memaksimalkan pelaksanaan program Minapolitan. Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemko Medan juga dipastikan dioptimalkan untuk mendukung program tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Zulkarnain Lubis mengatakan anggaran Rp 100 miliar yang dicanangkan Pemko hanya untuk menutupi kekurangan anggaran pembangunan kawasan Medan Utara. Yang menjadi wilayah pelaksanaan program minapolitan.

 

Untuk program minapolitan ini sendiri, pemerintah pusat mengucurkan anggaran lebih dari Rp 99 miliar. Yang nantinya terfokus pada zona inti yakni kawasan pelabuhan. Satu dari tiga zona yang telah ditetapkan; zona inti yang cenderung pada perbaikan pelabuhan, zona pendukung yang berada di luar kawasan pelabuhan, serta kawasan yang dapat diperluas pembangunannya.

 

Program Minapolitan ini diakui bertujuan bagi peningkatan taraf ekonomi masyarakat di kawasan Medan Utara. Program kerjasama pemerintah pusat dan daerah ini ditargetkan dapat mendorong peningkatan produktivitas nelayan tradisional di pesisir pelabuhan Belawan. Akibat degradasi atas hasil tangkapan yang menyebabkan taraf ekonomi masyarakat yang semakin memperihatinkan.

 

Zulkarnain Lubis juga mengakui sejumlah SKPD di jajaran Pemerintah Kota Medan yang terlibat mendukung program ini, meliputi Dinas Pertanian dan Kelautan, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), Dinas PU Bina Marga, Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan. Sehingga seluruh dana yang dikucurkan pemerintah pusat tersebut, langsung didistribusikan pada tiap SKPD sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. muhammad rizki

 

 

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in