Home | Jurnal Medan | Suhu Kota Medan Capai 33 Derajat

Suhu Kota Medan Capai 33 Derajat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Suhu udara di Kota Medan dipastikan berada pada angka yang tinggi. Meski dipandang wajar, namun kondisi ini dipicu oleh iklim tidak menentu yang terjadi Sumatera Utara akhir akhir ini. Sementara beberapa wilayah tetap diprediksi akan dilanda hujan.

Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balai Besar Wilayah I Medan, Hendra Suwarta mengatakan, tingginya suhu udara di sebagian besar wilayah Sumatera Utara dipengaruhi oleh cuaca permukaan laut Cina Selatan yang dingin. Sehingga memicu cuaca ekstrim di beberapa daerah.

 

Pantai barat Sumut misalnya, diprediksi akan dilanda curah hujan berintensitas cukup tinggi. Sementara di pantai timur, meski berawan namun tidak ada tanda-tanda akan turun hujan. Di Kota Medan suhu udara bisa mencapai 33 derajat celsius dan kondisi ini masih dalam ambang batas wajar, mengingat dalam beberapa bulan ke depan Sumatera Utara memasuki musim kemarau.

 

Kondisi ini diperkirakan akan dirasakan untuk sepekan ke depan. Pada pertengahan Maret akan sedikit berubah, dimana curah hujan akan meningkat dengan volume 122 hingga 136 mm per detik. Terjadi pada awal, tengah dan akhir bulan. Dipengaruhi oleh dipole mode yaitu perbedaan suhu antara laut bara Sumatera dan timur Afrika.

 

Instansi terkait di Sumatera Utara dan Kota Medan pun diharapkan dapat melakukan sosialisasi intensif soal perubahan cuaca ini. sehingga dapat menghindari gejala penyakit yang umumnya terjadi akibat perubahan iklim. Sebab biasanya, ketika memasuki masa pergantian musim, tingkat penderita gangguan pada pernafasan seperti ISPA akan bertambah. muhammad rizki

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in