Home | Jurnal Medan | Jenazah TKI Sumatera Utara Terlantar di Malaysia

Jenazah TKI Sumatera Utara Terlantar di Malaysia

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Eva Kristina Telaumbanua, tenaga kerja wanita asal Sumatera Utara yang meninggal di Malaysia hingga kini belum dapat dipulangkan ke tanah air. Status ketenagakerjaan almarhumah dipastikan menjadi salah kendala. Pemerintah pun didesak dapat membantu kepulangan wanita berusia sekitar 50 tahun ini.

Anak pertama almarhumah, Khairuna Safitri pada Smart FM Medan mengatakan, informasi yang diterima dari keluarga yang juga bekerja di Malaysia menyebutkan, Eva Kristina Telaumbanua meninggal akibat serangan jantung. Setelah setahun terakhir bekerja di Malaysia sebagai pembantu rumah tangga.

 

Keluarga dipastikan tidak berani menyampaikan persoalan ini pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia, sebab almarhumah bekerja tanpa dokumen tenaga kerja. Meski beberapa tahun lalu juga pernah bekerja di Malaysia melalui perusahaan penyedia jasa TKI. Akibatnya, jenazah masih tertahan di salah satu rumah sakit di Kuala Lumpur.

 

Pemerintah Kota Medan maupun Pemerintah Sumatera Utara diharapkan dapat membantu pemulangan jenazah Eva Kristina Telaumbanua. Bila tidak juga memungkinkan,  keluarga merelakan kalau harus dimakamkan di Kuala Lumpur. Namun keluarga berharap dapat menyaksikan prosesi pemakaman.

 

Menanggapi harapan ini, Kepala Balai Pelayanan, Penempatan dan Pelindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Sumatera Utara Haris Nainggolan mengaku, BP3TKI tidak dapat menanggungjawabi pemulangan Eva Kristina Telaumbanua. Sebab almarhum bekerja di Malaysia secara illegal.

 

BP3TKI hanya bertanggung jawab atas para TKI resmi. Sehingga anggaran yang tersedia hanya untuk TKI resmi yang itu pun nantinya dibantu oleh pihak asuransi TKI. Sementara, biaya yang dibutuhkan untuk pemulangan jenazah TKI diperkirakan bisa mencapai Rp 15 juta. Keluarga pun diharapkan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Utara atau pemerintah Kota Medan.

 

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) Sumatera Utara Irwanto Tampubolon mengaku telah berupaya menghubungi KBRI di Malaysia. Agar bersedia memudahkan pemulangan Eva Kristina Telaumbanua kepada keluarga. Beragam upaya lain untuk mendapatkan bantuan pemulangan juga diakui tengah diupayakan. muhammad rizki

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in