Home | Jurnal Medan | Pemerintah Diminta Serius Membantu Sektor Ekonomi Produktif

Pemerintah Diminta Serius Membantu Sektor Ekonomi Produktif

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Komitmen pemerintah menggerakkan roda perekonomian melalui sektor ekonomi produktif mulai dipertanyakan. Sebab, hingga kini pemerintah dinilai belum maksimal dalam mendorong realisasi kredit modal kerja pada masyarakat.

Ketua Forum Daerah Usaha Kecil Menengah (Forda UKM) Sumatera Utara, Maskur Abdullah mengatakan industry kecil sebagai bagian dari sector ekonomi produktif, belum sepenuhnya mendapatkan dukungan dari pemerintah , khususnya terkait perolehan modal kerja dari perbankan. Pemerintah justru telah menjadi penghambat utama bagi usaha kecil karena telah memberlakukan system perijinan berbiaya tinggi. Padahal perijinan menjadi persyaratan utama mendapatkan kredit perbankan.

Inkonsistensi pemerintah juga dilihat dari belum maksimalnya upaya mendorong perbankan memberikan kredit murah pada pelaku UKM. Beban kredit yang mencapai 2 digit dinilai sangat tinggi, sementara untuk industri besar perbankan dapat memberikan kredit di kisaran 7 – 8 % saja. Padahal bunga kredit berpengaruh langsung pada harga jual dan daya saing produk . Maskur mencontohkan, pelaku UKM Indonesia harus bersaing dengan pelaku UKM asal Malaysia  yang hanya menanggung beban kredit di kisaran 5 %.

Masih sulitnya pelaku UKM mendapatkan kredit juga tergambar pada data yang dimiliki Bank Indonesia . Peneliti Ekonomi Madya Senior Bank Indonesia Medan ,Mikael Budi Satrio mengatakan, kredit untuk modal kerja memang masih cukup minim. Salah satunya kredit usaha rakyat yang menjadi program pemerintah secara nasional. Hingga akhir tahun lalu, realisasi program tersebut hanya dibawah angka 50 % dari platform kredit yang disediakan pemerintah. Bahkan laju pertumbuhan realisasi kredit, hanya berada di angka 3 %.

Mikael menjelaskan, rendahnya tingkat realisasi KUR turut dipengaruhi oleh belum adanya keterlibatan perbankan lokal. Meski Bank Sumut telah mengajukan permohonan penyertaan sebagai bank pelaksana, namun belum ada keputusan final terkait permohonan tersebut.

Terus menciutnya peran industri kecil dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara , juga tergambar dalam data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik Sumatera Utara . Kepala BPS Sumut Suharno mengatakan  tahun lalu, pendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara  memang bukan dari sektor ekonomi produktif, atau melalui kredit modal kerja . Tercatat Struktur utama pembentuk Product Domestic Regional Bruto - PDRB Sumatera Utara , didapat dari sektor keuangan ,dengan pertumbuhan layanan pendanaan jasa keuangan.

Sementara itu,  Sekretaris Asosiasi Pengusah Indonesia - APINDO Sumatera Utara , Laksmana Adhyaksa  memiliki metode lain dalam upaya menumbuhkan sektor ekonomi produktif. Menurutnya, pemerintah harus berani mengambil kebijakan intervensi  untuk menurunkan suku bunga deposito, guna menstimulasi masyarakat menghentikan aksi parkir dana di perbankan. Kebijakan itu juga dinilai akan mendorong pemilik dana untuk menggerakkan dananya di publiK, yang secara tidak langsung memberikan efek domino positif  berupa dinamisasi perekonomian yang juga berdampak pada pembukaan lapangan kerja baru.

Inkonsistensi pemerintah dalam mendorong pertumbuhan sektor ekonomi produktif, sejatinya bukan hanya ditunjukkan dari sisi perijinan dan kredit semata. Buruknya infrastruktur serta iklim persaingan usaha yang belum sehat, juga menjadi penghambat bagi sektor ekonomi produktif. Revitalisasi pun harus segera dilakukan , mengingat adanya tantangan industrialisasi seluas-luasnya yang dihadapkan pemerintah pada pelaku usaha mikro, lewat koridor Master Plan Percepatan dan Perluasan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia - MP3EI, maupun nota perdagangan bebas dengan sejumlah negara dalam beberapa tahun ke depan .

 

 

Subscribe to comments feed Comments (4 posted)

avatar
Was totally stuck until I read this, now back up and runginn.
avatar
That's 2 clever by half and 2x2 clever 4 me. <a href="http://fmhatxoovij.com">Thkasn!</a>
avatar
Great post with lots of <a href="http://nasuwihjgrr.com">imrnatpot</a> stuff.
avatar
More posts of this quatyli. Not the usual c***, please http://xbkgby.com bylemltmr [link=http://xiigoeu.com]xiigoeu[/link]
total: 4 | displaying: 1 - 4

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in