Home | Jurnal Medan | Kembalikan Pemilukada Pada DPRD

Kembalikan Pemilukada Pada DPRD

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Masih diberlakukannya sistem pemungutan suara langsung dalam proses pemilihan kepala daerah di Indonesia, dipandang hanya menguntungkan segelintir pihak. Pasangan calon dan orang-orang terdekat pemenang Pemilu, menjadi pihak yang paling banyak diuntungkan. Sementara masyarakat, tetap hanya akan menjadi komoditi eksploitasi para penguasa.

Hal ini seperti diungkapkan Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDI-P) DPRD Sumatera Utara – Brilian Mokhtar pada Smart FM Medan. Menurutnya, berdasarkan Undang-undang Nomor 10 tahun 2008 telah diatur azas demokrasi merupakan pondasi utama dalam pelaksanaan Pemilihan Umum, khususnya pada Pemilu kepala daerah (Pemilukada).

Namun, yang selama ini terjadi, proses demokrasi yang berlangsung justru berdampak negatif. Kebanyakan kepala daerah yang terpilih justru mengeluhkan adanya kutipan liar dari berbagai kalangan. dalam rangka pemenangan Pemilu. Hingga akhirnya, paska terpilih kepala daerah tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal demi kepentingan masyarakat, sebab harus mementingkan keberdaan orang-orang yang telah berjasa mendapuknya sebagai kepala daerah.

Atas dasar itulah menurut Brilian, DPRD maupun DPR RI mengusulkan agar undang-undang soal Pemilu dievaluasi. Di samping persoalan besarnya anggaran yang harus dikeluarkan untuk pelaksanaan pemilihan langsung, yang sesungguhnya wajar saja terjadi.

Sehingga sewajarnya bila pemilihan kepala daerah dikembalikan pada mekanisme awal, yakni dipilih dan ditetapkan oleh para anggota dewan. Usulan mengembalikan sistem pemilihan umum kembali ke DPRD adalah untuk membangun mental masyarakat agar tidak menjadi bangsa pemeras. Pemilihan yang dilakukan oleh anggota dewan dinilai akan sama dengan pemilihan langsung, mengingat anggota dewan adalah wakil rakyat. (Fika Rahma )

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in