Home | Jurnal Medan | GAPKI Tagih Janji Pemerintah Pusat

GAPKI Tagih Janji Pemerintah Pusat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), menagih janji pemerintah pusat mengembalikan bea keluar atau pajak ekspor atas Crude Palm Oil (CPO) dalam rangka mendukung pembangunan daerah.

Sekretaris GAPKI Sumut Timbas Ginting mengatakan, selama ini pengembalian yang dijanjikan pemerintah belum jelas. Ini dilihat dari belum adanya manfaat dari pengutipan pajak eskpor untuk industri kelapa sawit. Bahkan untuk infrastruktur, termasuk untuk industri CPO, kondisinya masih sangat tragis. Padahal pemerintah pusat sangat aktif melakukan pengutipan.

Diabaikannya infrastruktur ini oleh pemerintah pusat, seolah menjadi pengembalian tanggungjawab pada industri sawit dalam kerusakan infrastruktur tersebut. Selain itu, saat ini industri sawit harus dihadapkan pada tudingan hasil industri yang tidak ramah lingkungan. Dimana harusnya pemerintah, dapat melakukan penelitian secara mendalam untuk membantah adanya tudingan tersebut.

Timbas juga berharap sebagai penghasil devisa terbesar kedua bagi pemerintah, sudah seharusnya industri kelapa sawit dan produk turunannya mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Apalagi dengan adanya tudingan ini diperkirakan akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekspor CPO asal indonesia.

Saat ini GAPKI bersama Kementerian Perdagangan dan Asosiasi Pengusaha Minyak Nabati Indonesia tengah berupaya menyiapkan bantahan atas tudingan tersebut dan besar harapan agar pemerintah secara konsisten menunjukkan dukungannya.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in