Home | Jurnal Medan | Pembatasan Operasional Warnet Tuai Protes

Pembatasan Operasional Warnet Tuai Protes

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kebijakan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Medan yang akan menertibkan Warung Internet (warnet) buka 24 jam ditanggapi positif oleh pengelola Warnet. Pengelola warung internet (warnet) setuju dengan kebijakan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Medan yang akan menertibkan warnet yang buka 24 jam. Namun langkah yang akan dilakukan Diskominfo haruslah sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Tidak sebatas untuk menarik sejumlah uang dari pengelola warnet.

Salah seorang pemilik warnet, Rifai mengaku tidak pernah menerima sosialisasi jam operasional warnet, apalagi alamat dinas terkait yang fokus menangani izin usaha yang digelutinya. Untuk meyakinkan Diskominfo, dirinya mempersilakan menanyakan kepada pengelola warnet lainnya di Kota Medan, apakah menerima informasi pelarangan buka selama 24 atau tidak. Sebab tidak semua warnet yang beroprasi memberikan kebebasan kepada anak sekolah untuk bermain, walaupun sebahagian ada yang tidak mempedulikan instruksi tersebut.

Mudahnya mengakses situs terlarang yang marak di warung internet bukanlah alasan tepat untuk membatasi jam oprasional warnet. Karena kemudahan untuk mengakses situs negatif bukan hanya diwarnet saja, tetapi bisa juga diakses melalui handphone yang menyediakan fasilitas lengkap.

Sebenarnya yang patut menjadi bahan evaluasi adalah lemahnya staf Informasi Teknologi Kementrian Komunikasi dan Informasi memblokir seluruh situs terlarang. Peraturan Walikota Medan nomor 28 tahun 2011 yang mengharuskan seluruh warnet tidak boleh buka selama 24 jam sepertinya tidak berjalan.

Karena faktanya, masih saja ditemukan warnet yang buka 24 jam dan menerima anak-anak usia sekolah untuk berselancar di dunia maya, walau pada jam yang tidak diperbolehkan. Muhammad Rizki

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in