Home | Jurnal Medan | Medan Potensial Dukung Percepatan MP3EI

Medan Potensial Dukung Percepatan MP3EI

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sebagai kota terbesar ke-3 di Indonesia, Kota Medan dipastikan menjadi wilayah dengan potensi besar dalam mendukung percepatan mewujudkan Masterplan Percepatan dan Peluasan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Beragam program pembenahan terhadap infrastruktur Kota Medan dipastikan menjadi prioritas.

Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan di Medan mengatakan, pertumbuhan ekonomi Kota Medan yang berada di atas rata-rata nasional, merupakan salah satu wujud potensi yang ada. Di samping partisipasi aktif, yang diberikan para pelaku usaha dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Apalagi, Medan sebagai ibukota propinsi Sumatera Utara, telah menjadi pusat perdagangan maupun jasa, serta menjadi pintu masuk investasi.  

 

Untuk memperkuat peran Kota Medan mendorong percepatan realisasi MP3EI, Gita Wirjawan memastikan keberadaan infrastruktur yang memadai harus menjadi fokus pemerintah. Sehingga kesempatan memaksimalkan pertumbuhan ekonomi daerah lewat koridor MP3EI dapat direalisasikan sesuai target pemerintah.

 

Di samping sisi investasi berupa infrastruktur, pemerintah juga berupaya mendorong pertumbuhan sektor perdagangan di Medan. Pemerintah  terus menyuarakan penguatan pasar, termasuk revitalisasi peran pasar tradisional untuk mendukung penggunaan produk lokal berkualitas oleh masyarakat.

 

 Upaya penguatan pasar melalui promosi telah dilakukan, baik terhadap pedagang maupun pengusaha, dengan menjadikan pasar domestic sebagai tujuan utama hasil produksi. Saat  ini, perspektif ekpor pelaku  usaha harus diubah , karena Indonesia telah menjadi bagian besar pasar internasional. Penguatan pasar domestik akan menjadi penahan invasi besar-besaran atas produk asing.

 

Kementerian Perdagangan saat ini gencar mempromosikan penggunaan minyak goreng curah kemasan, sebagai bagian dari dukungan pemerintah terhadap hilirisasi sektor industri Crude Palm Oil (CPO), yang menjadi proyek utama dalam koridor MP3EI di Sumatera Utara. Diharapkan, dengan perbaikan kemasan, produk ini dapat bersaing dengan harga yang lebih murah di pasar, namun tetap menjadi pilihan utama masyarakat. (aulia siregar)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in