Home | Jurnal Medan | UKM Siap Terlibat dalam MP3EI

UKM Siap Terlibat dalam MP3EI

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menyatakan kesiapannya untuk terlibat aktif pada beragam program yang digulirkan sebagai bagian dari Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Medan – Pelaku UMKM Sumatera Utara yang tergabung dalam Forum Daerah Usaha Kecil Menengah (Forda UKM) menyatakan kesiapannya untuk terlibat dalam koridor program MP3EI. Mengingat selama ini organisasi pelaku usaha kecil telah menjadi mitra pemerintah.

 
Sekretaris Forda UKM Sumatera Utara Fachriz Tanjung mengatakan pelaku UMKM Sumut siap untuk mendukung pemanfaatan peluang dalam koridor MP3EI. Khususnya dalam rangka meningkatkan produktivitas pelaku usaha kecil di Sumatera Utara. Apalagi hingga kini, pelaku UMKM yang tergabung dalam Forda UKM telah menjadi mitra strategis pemerintah. Khususnya mitra strategis Pusat Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah (P3ED) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut.
 
“Selama ini kita sudah bermitra, khususnya dengan P3ED Disperindag Sumut,” terang Fachriz Tanjung pada Smart FM Medan.
 
P3ED juga diakui telah memfasilitasi mediasi antara pelaku usaha dengan Asosiasi Perusahaan Internasional Jepang (JICA). Untuk menyampaikan testimony terkait gambaran sukses UMKM di Sumatera Utara. Sehingga diharapkan dengan adanya mediasi yang dilakukan, ke depan pelaku UMKM dapat menjadikan Jepang sebagai salah satu pasar utama produk-produknya.
 
Sementara terkait sektor yang akan dimanfaaatkan, Fachriz menambahkan, sektor makanan ringan akan dijadikan prioritas oleh Forda UKM. Selayaknya yang menjadi perhatian JICA. Bahkan, diakui JICA telah melihat langsung produksi makanan ringan anggota Forda UKM dan member masukan secara menyeluruh terhadap kualitas produk. Agar produk makanan ringan itu nantinya dapat menembus pasar Jepang.
 

Meski telah merencanakan memanfaatkan sejumlah peluang dalam koridor MP3EI, namun Forda UKM Sumut berharap pemerintah dapat lebih luas membuka kesempatan bagi kelompok UMKM. Untuk dapat masuk dalam industri strategis di dalam koridor MP3EI. Agar terjadi pemerataan kesempatan dan pertumbuhan antara pelaku industri besar maupun pelaku UMKM. wahyudi aulia siregar

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in