Home | Jurnal Medan | Pempropsu Didesak Segera Susun Perda Lahan Pangan Berkelanjutan

Pempropsu Didesak Segera Susun Perda Lahan Pangan Berkelanjutan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Menteri Pertanian RI Suswono mengingatkan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Pempropsu) untuk segera menyusun Peraturan Daerah (Perda) soal Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Medan – Pemerintah Sumatera Utara diingatkan untuk segera menyusun Perda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Sebagai produk hukum turunan atas Undang-undang Nomor 41 tahun 2009. Dalam rangka menjamin ketahanan pangan dan ketersediaan lahan, di tengah gerusan konversi lahan pertanian menjadi  perkebunan.

 
Ditemui di Medan, Menteri Pertanian RI Suwono menegaskan hal tersebut tanpa harus menunggu regulasi lainnya yang mendukung keberadaan Undang-undang Nomor 41 tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Perda ini seharusnya bias disusun sepanjang lahan produktif bagi pertanian pangan di Sumatera Utara masih ada. Sebab bila terus ditunda, dikhawatirkan lahan pertanian pangan akan hilang.
 
“Saya sudah menyampaikan agar tidak perlu menunggu. Terbitkan saja langsung Perdanya,” tegas Suswono ditemui sesaat setelah mendarat di Bandara Polonia Medan. Beberapa daerah di Indonesia, akunya lagi, juga telah menerbitkan Perda sejenis.
 
Meski demikian, Suswono mengakui persoalan utama yang hingga kini menghambat pelaksanaan keberadaan lahan pertanian pangan berkelanjutan, berupa belum rampungnya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sejumlah daerah di tanah air. Lahan yang hanya akan diperuntukkan bagi pertanian pangan ini nantinya harus ditetapkan lokasi pastinya. Dengan perincian yang didasari oleh berbagai kajian. Seperti pemilihan lahan yang produktif dan memiliki potensi unggulan.
 
Dalam catatan Kementerian Pertanian, lahan pertanian pangan di Indonesia mencapai sekitar 8 juta hektar yang termasuk lahan baku. Sedangkan lahan panen melebihi angka 13 juta hektar. fika rahma

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in