Home | Jurnal Medan | APBD 2011 Terserap 70 Persen

APBD 2011 Terserap 70 Persen

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Pemerintah Sumatera Utara mencatat serapan Anggaran Pendapatan BelanjaDaerah (APBD) tahun 2011 mencapai 70 persen. Silpa dari APBD 2011 punditargetkan dapat dimanfaatkan bagi percepatan pembenahan infratruktur danprogram pembangunan ekonomi.

Medan – Jelang tutup tahun 2011, serapan APBD 2011 oleh PemerintahSumatera Utara (Pempropsu) diperkirakan telah mencapai sekitar 70 persen. Untukmengukur efektivitas serapan anggaran tersebut, Pemropsu menargetkan segera evaluasirutin.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pudjonugrohomengatakan dari total APBD Sumut 2011, serapan anggaran dalam bentuk realisasipenggunaan anggaran bagi beragam program pembangunan telah mencapai skitar 70persen. Berdasarkan laporan realisasi anggaran per 30 Nopember 2011. MenteriKeuangan juga telah memberikan penilaian positif atas kondisi tersebut.

“Dari laporan tersebut, Presiden SBY menginstruksikan agar Sisa LebihPenggunaan Anggaran (Silpa) 2011 agar dialokasikan bagi pembangunaninfrastruktur untuk mendorong pembangunan,” kata Gatot pada Smart FM Medan,sembari menyebutkan terdapat Silpa yang mencapai Rp 400 miliar.

Lanjut Gatot, pembangunan infratruktur dalam rangka mendorong pembangunanSumatera Utara, khususnya pada sector ekonomi. Dengan harapan dapat menekanlaju inflasi di tahun mendatang. Termasuk dalam bentuk penyertaan modal yangdiharapkan dapat membantu perkembangan ekonomi secara merata di propinsi ini.

Sebagai wujud komitmen Pemerintah Sumatera Utara merealisasikan penggunaananggaran yang baik, Pempropsu akan melakukan evaluasi tiga kali setahun. Yaitupada April, Agustus dan Nopember oleh lembaga pemeriksa keuangan. Sebagai salahsatu upaya meningkatkan komitmen pemerintah dalam penyerapan anggaran dengantarget sekitar 90 persen. Sehingga diharapkan setiap Satuan Kerja PerangkatDaerah (SKPD) mampu menunjukkan kinerjanya secara maksimal.

Apabila nantinya ditemukan permasalah dalam penyerapan anggaran ini, SKPDbersagnkutan harus langsung membenahinya. Agar pada semester berikutnya tidaklagi ditemukan persoalan yang sama dan APBD dapat disalurkan dengan lebih baik.fikarahma

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in