Home | Jurnal Medan | MP3EI Program Prioritas Kadin Sumut

MP3EI Program Prioritas Kadin Sumut

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Ditetapkannya Sumatera Utara sebagai salah satu koridor Masterplan Pencepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) disambut baik Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara. Organisasi pelaku usaha dan industri di Sumut ini pun menyatakan kesiapannya mendukung realisasi program tersebut.

Medan – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara memfokuskan program kerja asosiasi ini pada upaya mendorong realisasi program MP3EI. Beragam persiapan pun telah dipersiapkan, dalam bentuk kerjasama yang akan dilakukan bersama pemerintah. Tahun 2012 ditetapkan sebagai awal dari kerjasama.
 
Ketua Kadin Sumatera Utara Irfan Mutyara mengatakan Kadin Sumut dan seluruh anggotanya di daerah akan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota dalam membuat perencanaan proyek pembangunan. Sesuai dengan kebutuhan program Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Untuk selanjutnya didorong menjadi program pemerintah pusat.
 
“Kita harus fokus ke sana, mengingat program ini berlangsung hingga tahun 2025 mendatang,” terang Irfan Mutyara pada Rapat Pimpinan Propinsi Kadin Sumut di salah satu hotel di Medan.
 
Irfan Mutyara menegaskan dipilihnya MP3EI sebagai fokus program yang juga akan dikerjakan Kadin, sebab sudah adanya aturan menyeluruh terkait program ini. Khususnya terkait pendanaan. Sehingga pelaku usaha yang tergabung di Kadin dapat memaksimalkan fokus pelaksanaan proyek tanpa dibayang-bayangi oleh persoalan keterbatasan pendanaan.
 
Sementara itu, terkait beragam kendala fisik yang selama ini masih menghambat pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara, seperti krisis energi dan infrastruktur. Kadin juga akan mendorong masuknya persoalan ini sebagai masalah yang akan diretas melalui koridor MP3EI tersebut. Sehingga proyek MP3EI yang ditujukan bagi revitalisasi perekonomian daerah dapat dilakukan secara maksimal dan menyeluruh.
 
Keberadaan MP3EI dipastikan menjadi tantangan bagi pelaku usaha di Sumatera Utara, karena diperkirakan akan terjadi persaingan terbuka antar pelaku usaha Sumut dan daerah lainnya. Khususnya Jakarta, yang pada umumnya memiliki kekuatan pendanaan maupun inovasi terknologi yang baik. Oleh karena itu, perlu adanya penguatan peran kemitraan dengan pemerintah daerah. Sembari memperbaiki kinerja dan kemampuan pelaku usaha lokal. (wahyudi aulia siregar)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

5.00

Log in